10 Wisata Alam Keren di Ponorogo

oleh

PONOROGO, GSInews.net – Ponorogo adalah kabupaten di Jawa Timur yang sangat terkenal dengan seni budaya Reog-nya yang telah diakui oleh dunia. Selain seni dan budaya, Ponorogo memiliki wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun internasional. Tak jarang tempat wisata yang ada di Ponorogo ini, belum banyak terjamah dan diketahui oleh khalayak umum. Apa saja sih wisata alam yang ada di Bumi Reog Ponorogo?

1. Gunung Pringgitan

Kabupaten Ponorogo memang sangat terkenal dengan banyaknya bukit dan gunung yang indah. Salah satunya adalah Gunung Pringgitan yang terletak di Desa Caluk, Kecamatan Slahung, Ponorogo. Penat setelah mendaki akan hilang setelah menikmati udara dingin dan pemandangan yang indah di Gunung Pringgitan. Apalagi jika pemandangan dinikmati pada malam hari, akan lebih terlihat indah dan keren.

2. Bukit Bedes

Bukit Bedes yang terletak di Dusun Buyut, Ngadirejo, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo memang tak kalah indah dengan bukit-bukit lain yang ada di Jawa Timur. Jika anda ingin berwisata di pegunungan Ponorogo dan melewatkan Bukit Bedes, maka akan sangat disayangkan, karena panorama yang indah di Bukit Bedes akan sangat menarik mata wisatawan.

3. Air Terjun Pletuk

Obyek wisata air terjun Pletuk ini lokasinya ada di Desa Jurug, Kecamatan Sooko, tepatnya di dusun Kranggan kabupaten Ponorogo. Ketinggian air terjun Pletuk mencapai tinggi sekitar 30 Meter. Sehingga deburan air yang menghasilkan buih semakin membuat perasaan menjadi nyaman dan rileks. Selain pemandanagan indah yang dihadirkan oleh air, juga didukung dengan panorama hijau disekitar air terjun.

4. Air Terjun Toyomerto

Air terjun indah dengan pesona alam yang mempesona membuat air terjun Toyomerto ini menjadi wisata alam ponorogo yang favorit di Ponorogo. Berlokasi di kecamatan Ngebel, berjarak 5 Km dari Telaga. Lokasi tepatnya di Dusun Toyomerto Desa Pupus, Ponorogo Jawa Timur.

Nama lain dari Air Terjun ini adalah Air Terjun Selorejo. Air terjun yang mempunyai 2 bagian dengan Tinggi setiap tingkatan air terjun ini mencapai ketinggian sekitar 25-30 meter.

Akses jalan untuk anda bisa sampai ke tempat ini tidak mudah, karena jalanan yang ada sedikit ekstrim. Medan terjal yang curam, dengan tebing di samping kanan dan kiri, jalan yang berkelak-kelok dan naik –turun menambah sensasi liburan anda semakin menantang.

Akan tetapi semua kelelahan anda akan terbayar lunas setelah melihat keindahan panorama alam yang alami di objek air terjun Toyomerto ini. Pemandangan hutan pinus dan kebun Kopi semakin menambah keindahan alam di tempat ini.

5. Telaga Ngebel

Siapa yang tak pernah mendengar Telaga Ngebel Ponorogo? Salah satu ikon wisata alam yang dimiliki oleh Kabupaten Ponorogo ini masih terjaga dan sangat asri. Telaga Ngebel terletak di kaki Gunung Wilis di atas ketinggin 734 mdpl.

Telaga ini menyajikan panorama alam dengan keindahan air permukaan danau yang memiliki warna kebiruan. Ditambah lagi dengan udara pegunungan yang menyegarkan serta pemandangan perbukitan yang memanjakan mata anda.

Lokasinya berjarak sekitar 30 Km dari pusat kota Ponorogo, dapat anda tempuh dengan waktu sekitar 45 menit dengan kendaraan ke arah Kecamatan Ngabel, Ponorogo. Tempat ini sering di gunakan sebagai tempat di adakannya acara Larung Risalah setiap bulan Muharam atau Suro tiba.

6. Goa Lowo

Goa yang indah,eksotis dan menakjubkan. Akan tetapi belum banyak terjamah oleh wisatawan karena akses jalan dan rute yang sulit. Berada di dalam lingkungan hutan Jati.

Goa Lowo berlokasi di Desa Sampung, kec. Sampung, Ponorogo. Dari pusat kota Ponorogo ke lokasi Goa Lowo berjarak sekitar 25 Km. Suasana Goa yang agak mistis menambah sensasi liburan dan  pengalaman yang menyenangkan akan anda rasakan.

7. Bukit Pare

Wisata yang menyuguhkan panorama alam dari atas ketinggian, berada di Desa Cepoko, Kecamatan Ngrayun, Ponorogo. Bukit Pare adalah tempat yang sangat terkenal dikalangan pemuda. Pemandangan yang hijau dan udara yang segar akan menghilangkan penat saat kita mendaki ke puncak.

Keindahan alam yang masih alami akan memanjakan mata anda. Anda bisa sampai ke tempat ini dengan menempuh jarak 15Km. Dengan membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari kantor Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo.

8. Watu Putih

Obyek wisata baru di ponorogo yang menawarkan pemandangan bebatuan berwarna Putih dan berukuran besar. Letaknya berada di tengah hutan pinsu yang lebat.

Lokasi Watu Putih tepatnya berada di Desa Tanjung, kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo Jawa Timur. Anda bisa menikmati panorama alam yang eksotis dan menakjubkan dari atas batu putih ini.

9. Tanah Goyang Pudak

Destinasi wisata ponorogo yang unik ini ini bernama tanah goyang. Disebut tanah goyang karena apabila anda berada di tempat ini anda akan merasakan sensasi menginjak tanah seperti menginjak jelly. Karena tekstur dataran tanah akan membuat tanah serasa bergoyang-goyang.

Lokasi tanah goyang  ini berada di Desa Pudak wetan, Kec. Pudak, Ponorogo. Berjarak sekitar 45 KM dari pusat Kota Ponorogo. Tempat ini berlokasi di perbatasan kota Ponorogo sehingga jaraknya lumayan jauh.

10. Kedung Kenthus

Wisata terbuaru ponorogo ini berupa sumber alam yang alami. Lokasi tempat ini berada di Desa Jenangan, Kecamatan Sampung. Berada di pinggir pegunungan sehingga sumber air di tempat ini tidak pernah kering walaupun di musim kemarau.

Dari pusat kota anda bisa sampai ke tempat ini dengan menempuh jarak sekitar 30 Menit berjalan menuju ke arah Kec. Sumoroto dan kemudian ke arah Kec. Sampung yang terkenal dengan pertambangan kapur.

Selain adanya mata Air ini di sini juga menyajikan obyek wisata bersejarah dan sudah terkenal yaitu Gowa Lowo. Di Kedung Kenthus terdapat aliran sungai yang cantik dan unik dari ketinggian terlihat kecil dan sempit tapi sebenarnya sungai ini luas dan besar. Sehingga menyerupai Gentong dengan panjang sekitar 20 meter.

Dengan air yang berwarna Kehijauan sehingga menambah keindahan tempat ini. Dinding Batu yang mengelilingi Kedung ini semakin menambah keindahan panorama tempat ini karena letaknya yang tidak beraturan.

 

Masih ada banyak lagi wisata alam di Kabupaten Ponorogo lho. Hayooo masih ragu mau eksplore wisata alam di Ponorogo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *