Sidak Hewan Qurban Dinas Pertanian Madiun Temukan Hewan Qurban Tidak sehat

oleh

MADIUN. GSI News.Net – Menjelang datangnya hari raya idul adha 1439 H dan mengantisipasi adanya hewan qurban yang tidak layak dikonsumsi. Dinas pertanian peternakan dan ketahanan pangan kota madiun jawa timur mulai melakukan pemeriksaan hewan milik peternak.

Dari hasil pemeriksaan sejumlah hewan qurban baik kambing maupun sapi, ditemukan beberapa hewan dalam kondisi terkena penyakit bahkan juga ditemukan hewan yang di glonggong.
Satu persatu sejumlah tempat penjualan maupun peternakan hewan di wilayah kota madiun didatangi, guna dilakukan pemeriksaan oleh petugas dinas pertanian peternakan dan ketahanan pangan.

Hasilnya, petugas menemukan sejumlah hewan ternak, baik sapi maupun kambing dalam kondisi tidak sehat akibat cuaca panas dan berangin, yaitu mengalami pilek dan iritasi pada mata. Selain itu ditemukan 2 kambing dalam kondisi sangat kurus, ada dugaan sebelum dijual ke peternak kambing tersebut di glonggong, seperti yang ditemukan di salah satu peternak yang berada di kelurahan rejomulyo kecamatan kartoharjo kota madiun.
Menurut kasi kesehatan hewan dinas pertanian kota madiun.

Cahyarini Budiarti, Mengatakan  pemeriksaan hewan ini bertujuan agar pada waktu dijual di hari raya Idhul Adha nanti, hewan dalam kondisi sehat dan aman untuk dikonsumsi, selain itu petugas juga memberikan injeksi antibiotik dan salep kepada hewan ternak yang dalam kondisi sakit.

Untuk saat ini harga hewan ternak menjelang hari raya qurban bervariasi, mulai seharga 1,7 juta rupiah untuk domba dan 2 juta rupiah untuk kambing jawa, sedangkan untuk harga sapi siap qurban harga berkisar antara 18 juta rupiah hingga 28 juta rupiah. (GSINews-Noor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *