Revitalisasi Desa Siaga, Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan Gelar Workshop.

oleh

MAGETAN.GSINews.Net-Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan Jawa Timur menggelar workshop revitalisasi desa siaga untuk meningkatkan peran petugas dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung KPRI Jl.Monginsidi diikuti oleh ratusan bidan dan perawat dari 235 Desa/Kelurahan Siaga di Kabupaten Magetan. Melalui workshop selama 2 hari, peserta akan mendapat pembekalan terkait meningkatkan pelayanan kesehatan dasar melalaui poskesdes, puskesmas pembantu, dan sarana kesehatan lainnya. Kepala Seksi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi JawaTimur Desi Aviajiati,SKM,M.Kes selaku pemateri dalam kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan workshop revitalisasi desa siaga dimaksudkan untuk mempersipkan desa menjadi wadah pemberdayaan masyarakat yang mandiri dalam bidang kesehatan.
Peserta workshop juga mendapat pembekalan untuk mengajak masyarakat mengembangkan upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat UKBM seperti posyandu, Tanaman Obat Keluarga (TOGA), Ambulan Desa serta pelaksanaan survelans berbasis masyarakat yang meliputi pemantauan penyakit, pelaksanaan pemantauan kesehatan ibu dan anak, gizi, lingkungan dan perilaku, kedaruratan kesehatan dan penanggulangan bencana sehingga masyarakat menerapkan perlilaku hidup bersih dan sehat. Plt Dinas Keshatan Kabupaten Magetan Dra.Furiana Kartini mengatakan, revitalisasi desa siaga membutuhkan kader yang berperan aktif baik kader pos kesehatan dan kader PKK. Kader-kader tersebut merupakan pelpopor penggerak dalam masyarakat sehingga bisa mengembangkan diri dalam meningkatkan kulaitas hidup mereka.
Pelaksanaan workshop revitalisasi desa siaga juga diharapkan mampu meningkatan status dari desa siaga menjadi desa siaga aktif. Melalui peningkatan status desa maka menjadi tanda penurunan angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Magetan.(GSINews-Soek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *