Pelihara Semut, Untung Hingga Puluhan Juta Rupiah.

oleh

MAGETAN.GSI News.Net- Eko Hermanto (38) warga Desa Winong Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan bersama istrinya  Vines Winarni (38), mengaku mampu meraup untung puluhan juta rupiah dari kegiatan memelihara semut. Semut yang dipelihara bukan semut biasa yang ada di pekarangan rumah, tetapi semut khusus yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan dari  Jepang.

Setiap hari, Eko Hermanto bersama sang istri harus memantau perkembangan dari semut-semut yang ditempatkan pada toples yang diberi alas nampan dan berisi air. Fungsi air selain sebagai sumber kebutuhan minum semut, juga berfungsi menjaga semut agar tidak keluar. Makanan semut tersebut adalah gula pasir yang diberikan setiaphari. Selain gula pasir, semut juga di beri makanan ulat.

Selain memantau kebutuhan makanan, Eko dan istrinya juga harus memperharikan kebersihan tempat pemeliharaan semut. Karena kotoran seperti sarang laba-laba bisa dijadikan media oleh semut untuk kabur dari sarang yang terbuat dari toples tersebut.

Bermula dari 10 paket, satu paket berisi 2 toples sarang semut, sementara saat ini. Eko memiliki 190 paket sarang semut. Semut tersebut akan dipanen setelah di pelihara selama 5 bulan. Untuk satu paket perusahan memberikan keuntungan sebesar  700 ribu rupiah kepada Eko dan istrinya. Selama 2 tahun menggeluti usaha pemeliharaan semut, Eko mengaku mampu mengantongi untung hingga puluhan juta rupiah. (GSINews-Goes/Soek)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *