Komunitas Kicau Burung Mania Tuntut Aturan Larangan Perniagaan Burung Berkicau

oleh

MADIUN.GSINews.Net – Audensi Antara Badan Konservasi Dan Sumber Daya Alam Wilayah 1 Madiun Dengan Aksi Damai Para Penghobi Burung Se Eks-Karesidenan Madiun Digelar Di Pasar Burung Srijaya Madiun Jawa Timur Pada Selasa Sore.

Dalam Audensi Yang Juga Dihadiri Kapolsek Kartoharjo Kota Madiun Ini, Para Pecinta Burung Se Eks-Karesidenan Madiun Sepakat Menolak Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan No.20 Tahun 2018 Tentang Perlindungan Tumbuhan Dan Satwa Liar. Dimana Dalam Peraturan Tersebut Melindungi Sejumlah Burung Yang Dimiliki Dan Diperjualbelikan Oleh Masyarakat, Seperti Perci,Jalak Uren,Cucak Ijo,Cucak Rowo,Murai Batu Dan Sebagainya.

Aksi Damai Para Pecinta Burung Tersebut Menolak Per-Men No.20 Tahun 2018 Dengan Pertimbangan Bahwa Aturan Tersebut Sangat Membatasi Ruang Gerak Dalam Proses Jual Beli Yang Akan Mengakibatkan Pasar Burung Menjadi Sepi, Bukan Hanya Itu, Penerapan Per-Men Tersebut Juga Berdampak Luas Pada Pelaku Ekonomi, Seperti Penangkar Burung,Penjual Pakan,Pembuat Sangkar Dan Beberapa Masyarakat Yang Menggantungkan Hidupnya Dipasar Burung.

Rudi,Salah Satu Pecinta Burung Mengataka, Bahwa Dengan Diterapkannya Per-Men Lhk No.20 Tahun 2018 Akan Membawa Dampak Yang Sangat Luas, Baik Bagi Para Pecinta Burung,Maupun Pelaku Ekonomi Yang Menggantungkan Hidup Di Pasar Burung Srijaya Madiun.

Menanggapi Tuntutan Para Kicau Mania,Kepala Bidang Ksda Wilayah 1 Madiun,Hartoyo Mengungkapkan, Bahwa Aturan Menteri Lhk Tidak Berlaku Surut, Artinya,Berdasarkan Siaran Pers Kementrian Lhk,Nantinya Akan Dilakukan Revisi Untuk Penambahan Aturan Peralihan Yang Mengatur Tentang Masa Transisi

Hartoyo Menambahkan Bagi Masyarakat Yang Memelihara,Memiliki Atau Memperniagakan Jenis-Jenis Satwa Yang Dilindungi Sesuai Per-Men No.20 Thn 2018, Agar Melaporkan,Mendata Dan Melakukan Penandaan Secara Online, Nantinya Satwa-Satwa Yang Telah Didata Tersebut Dianggap F2,Sehingga Dapat Mengajukan Ijin Penangkaran Dan Permohonan Ijin Edar Apabila Akan Melakukan Perniagaan.( Gsi News- Noor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *