Sidak Hewan Qurban, Banyak Hewan Dalam Kondisi Sakit Mata

oleh

MADIUN.GSINews.Net-Mendekati Hari Raya Idul Adha 1439 H yang kurang 5 hari lagi dan mengantisipasi adanya hewan qurban yang tidak layak dikonsumsi. Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun  Jawa Timur kembali melakukan pemeriksaan hewan milik penjual hewan qurban.

Satu persatu sejumlah tempat penjualan hewan qurban di wilayah Kota Madiun didatangi, guna dilakukan pemeriksaan oleh petugas. Hasilnya, petugas menemukan sejumlah kambing dalam kondisi tidak sehat akibat cuaca panas dan berangin yaitu mengalami pilek dan iritasi mata. Untuk itu, petugas memberikan cairan tetes mata sebagai langkah pengobatan, agar dalam 2-3 hari kedepan hewan yang dalam kondisi sakit dapat dijual sebagai qurban.

Menurut Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Madiun, Cahyarini Budiarti. Dilakukannya kembali sidak ini bertujuan agar pada waktu dijual di Hari Raya nanti, hewan dalam kondisi sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Cahyarini menambahkan, diharapkan nanti masyarakat lebih jeli dalam memilih hewan untuk qurban. Selain berat badan, pembeli juga harus memperhatikan kondisi kesehatan hewan yang akan diqurbankan, baik kambing maupun sapi.(GSINews-Noor)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *