Musik Lesung Desa Kleco Sambut 1 Muharram 2018

oleh

MAGETAN.GSINews.Net – Desa Kleco merupakan Desa di Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan yang merupakan salah satu Desa pengrajin batu bata merah.

Desa Kleco yang bersebelahan langsung dengan Lanud iswahyudi merupakan salah satu desa yang masih mempertahankan kesenian para leluhur, salah satunya seni musik lesung. Beberapa hari ini sekolampok masyarakat beramai-ramai memainkan musik lesung peninggalan nenek moyang.

Terdiri dari beberapa ibu dan bapak bapak yang sudah berusia lanjut dengan semangat menabuh alat musik tersebut untuk mempersiapkan diri guna acara 1 Muharam yang biasanya Kabupaten  Magetan selalu mengadakan perlombaan ledug.

Kepala Desa Kleco Wandoyo P sangat telaten dan sabar dalam menunggu warganya yang sedang berlatih. Tujuan nya agar penampilan maksimal dan bisa dinikmati oleh seluruh masyarakt magetan, dan tentunya ingin bisa menjadi pemenang.

Ada lesung, kentongan, dan beberapa bedug yang dimainkan oleh beberapa warga yang telah di persiapkan untuk perlombaan nanti. Di sisi lain musik ledug adalah musik peninggalan nenek moyang yang harus dikembangkan dan dilestarikan, dan sudah seharusnya kita selalu menjaga dan melestarikannya agar tidak hilang ditelan jaman. (GSINews-Goes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *