SDN 07 Kare Terpencil Dengan Bangunan Memprihatinkan

oleh

MADIUN.GSINews.Net – memprihatinkan mungkin kalimat tersebut yang pas diberikan pada kondisi Sekolah Dasar Negeri 07 Desa Kare Kecamatan Kare Kabupaten Madiun Jawa Timur. Sekolah yang didirikan pada Tahun 1972 tepat nya di Dusun Jeladri Desa Kare Kabupaten Madiun ini kondisinya tak layak lagi.

Dinding tembok bangunan sekolah ini terlihat sudah sangat rapuh, atap gedungnya nampak hampir runtuh. Sehingga harus dipasang tiang penyangga. Meja belajar yang berjejer diruang kelas pun terlihat sudah rapuh. Bahkan genteng dari bangunan sekolah ini banyak yang pecah dan ditumbuhi lumut yang tebal. Kayu penopang genteng pun sudah lapuk dimakan usia.

Kondisi bangunan yang seperti ini membuat para orang tua murid memilih untuk menyekolahkan anak mereka di tempat lain. Sedangkan bagi warga sekitar yang kurang mampu, memilih untuk tidak menyekolahkan anaknya atau sekolah dirumah warga. Lantaran mereka khawatir jika sewaktu-waktu bangunan tersebut runtuh dan menimpa anak-anak yang sedang belajar.

Seperti Eko, Bayu Dan Roma misalnya. Yang memilih untuk bekerja membantu neneknya mencari kayu bakar serta rumput untuk pakan ternak. Anak yatim piatu sejak kecil ini bahkan sama sekali belum bisa membaca. Ironis, Eko yang sudah berumur 16 tahun, Roma adiknya yang berumur 13 tahun dan si bungsu Bayu berumur 10 tahun masih buta huruf di zaman milenial seperti sekarang ini.

Edi Gunarso, satu-satunya tenaga pengajar di Sd Negeri Kare 07 menjelaskan, kondisi bangunan sekolah ini rusak mulai tahun 2013. Bahkan Murid Di Sekolah Dasar Ini Tinggal 3 Siswa. Itupun  Edi harus mengajar dirumah mereka yang jaraknya 4km dari Sdn 07 Kare. Faktor jarak serta rusaknya jalan dan bangunan sekolah membuat mereka enggan untuk belajar di sekolah. Edi sangat berharap bantuan renovasi dan sarpras Untuk Sekolah Dasar Negeri 07 Kare. Agar anak-anak di Dusun sekitar tetap bisa mengeyam bangku sekolah.

Sampai saat ini Pihak Pemerintah Kabupaten Madiun belum memberikan bantuan untuk keperluan renovasi. Bahkan Dinas Pendidikan pun belum pernah berkunjung ke Sekolah Dasar Negeri 07 Kare yang terpencil ini. (GSINews-Noor )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *