Tradisi Kurasan Sendang Di Umbul

oleh

MADIUN.GSINews.Net – Setiap memasuki Bulan Muharam atau Suroan, Taman Wisata Umbul Square yang terletak di Desa Umbul Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun Jawa Timur  mempunyai tradisi turun temurun yang telah dilakukan berpuluh-puluh tahun, Yaitu Jamasan Pusaka Dan Kurasan Sendang.

Diawali dengan parade kirab budaya yang mengusung berbagai kesenian daerah Kabupaten Madiun, mulai dari kesenian dongkrek sampai dengan kesenian reog menjadikan magnet tersendiri bagi masyarakat sekitar, tidak hanya itu tradisi budaya yang dilakukan turun temurun ini juga  menghadirkan kirab tombak pusaka leluhur dan kirab tumpeng yang menyedot animo masyarakat madiun dan sekitarnya. Dalam tradisi ini juga dilakukan jamasan tombak pusaka yang menjadi warisan turun temurun para leluhur jaman dahulu.

Paska penjamasan 5 tombak pusaka. Warga sekitar berebut air sisa penjamasan, karena sudah menjadi kepercayaan warga sekitar bahwa air sisa jamas pusaka selain mendatangkan berkah juga dipercaya bisa menolak bala dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Tradisi selanjutnya yang merupakan puncak dari  kegiatan ini adalah kurasan sendang, yang mana tradisi ini selalu dilakukan dan dilestarikan masyarakat warga Dusun Umbul,Desa Glonggong Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun Jawa Timur. Sendang yang terletak ditengah-tengah  taman wisata umbul ini mempunyai kandungan belerang yang sangat tinggi dan debit airnya tidak pernah mengecil meskipun musim kemarau, tak heran warga sekitar selalu menjaga satu-satunya sumber air panas yang berada di desa ini sejak puluhan tahun lalu.

Direktur Taman Wisata Umbul R.Avri Handoko menjelaskan. bahwa tradisi ini akan terus dilakukan, karena selain untuk melestarikan tradisi para leluhur, juga untuk memperkenalkan taman wisata umbul square sebagai salah satu destinasi wisata diwilayah kabupaten madiun.

Diharapkan kedepannya masyarakat madiun akan selalu melestarikan tradisi-tradisi  warisan budaya leluhur agar tidak tergerus oleh perkembangan jaman. (GSINews-Noor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *