Wisata Watu Bonang Badegan Ponorogo

oleh

PONOROGO.GSINews.Net-Apa kabar Sahabat Wisata, Kali Ini akan Menengok Ke Indahan alam yang berada di desa Watu Bonang Kecamatan Badegan Ponorogo. Desa Watu Bonang sendiri Berada di sebelah Barat Kota Ponorogo kurang lebih 15 KM dari pusat Kota Reog. Dan Watu Bonang ini mempunyai pemandangan yang sangat indah, tentu sangat sayang untuk dilewatkan, juga pasti tergoda untuk berselfi dengan segarnya udara dan hamparan keindahan ciptaan-NYA ini.

Sumur Gemuling begitulah sebutan untuk destinasi wisata yang ada di Watu Bonang ini. Sumur Gemuling ini lebih akrab di masyarakat sebagaitempat wisata religi, namun lokasinya yang berada di dataran tinggi ini tentu menyuguhkan indahnya pemandangan alam serta udara yang segar menjadi alasan lain para pelancong untuk refresing dari penatnya pekerjaan.

Sumur Gemuling ini merupakan punden dari desa Watu Bonang, yang setiap tahunnya diadakan tradisi atau selamatan untuk mengenang perjuangan serta mendoakan leluhur desa Watu Bonang tepatnya setiap tanggal 1 Muharam. Bowo Susetyo Kepala Desa Watu Bonang mengungkapkan, bahwasanya masyarakat tinggal merneruskan apa yang telah diturunkan, tentunya dengan menyaring apa yang baik dan perlu dilakukan. Seperti yang diungkapkan Bowo berusaha melestarikan alam serta budaya yang ada di desa Watu Bonang ini supaya alam semakin lestari.

Menurut juru kunci Sumur Gemuling, Sartono, dulunya sumur, gayung serta peralatan yang ada di sana terbuat dari emas. Juga konon yang mendiami tempat tersebut adalah Sawunggaling yang merupakan keturunan dari Sunan Lawu. Uniknya Sumur ini ketika musim penghujan airnya tidak sampai naik, namun pada musim kemarau airnya sangat deras mengalir ke pemukiman warga.

Tak hanya itu di Watu Bonang juga terdapat Watu Buaya atau batu yang berbentuk buaya, batu ini berada di kawasan sungai. Anda bisa mendatanginya sambil bersantai dan piknik bersama keluarga. (GSINews-Fad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *