Pemilihan Ketua Osis SMKN 1 Magetan Ala Pemilu

oleh
Magetan. GSI News.Net – Siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuaruan Negeri (SMKN) 1 Magetan menggelar pemilihan ketua OSIS layaknya Pemilihan Umum (Pemilu) yang diselenggarakan negara, Selasa (18/9).
Serangkaian kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memberikan wawasan tentang pelaksanaan Pilkada ataupun Pileg Pilpres di Indonesia seperti yang digelar di tahun 2018 dan tahun 2019 nanti.
“Kegiatan ini adalah adalah dalam rangka memberikan wawasan demokrasi kepada pemilih pemula yang ada di SMKN 1 Magetan ini, dalam bentuk pemilihan Ketua Osis dengan azas seperti Pemilu yakni langsung umum bebas dan rahasia serta jujur dan adil (Luber dan Jurdil),”kata Jaka Purnama Wakasek Kesiswaan SMKN 1 Magetan, Selasa(18/9).
Dijelaskan Jaka Purnama,proses pemilihan dengan metode pencoblosan ini sama seperti Pemilu pada umumnya, bahkan para kandidat sebelumnya juga melalui tahapan-tahapan seperti Pasangan Calon (Paslon). Sementara para siswa juga membentuk panitia seperti keanggotaan KPU untuk menyukseskan pemilihan ini.
“Untuk kandidatnya ada 6 peserta yang sebelumnya juga sudah melewati tahapan-tahapan penjaringan dan juga kampanye menyampaikan visi dan misi kepada pemilih,”jelas Wakasek.
Semua pemilih dengan total 1.640 siswa-siswi dan juga sebanyak 120 guru dan karyawan satu persatu diarahkan mulai dari pendaftaran, pengambilan surat suara, pencoblosan di bilik, pencelupan jari di tinta sebagai tanda sudah memilih hingga dilakukan penghitungan suara.
“Total pemilih semua dari siswa sebanyak 1640, sedangkan guru dan karyawan sebanyak 120,harapan kami hal ini bisa menjadi pembelajaran bagi para siswa,”ungkapnya.
Sementara itu ditempat yang sama Ketua OSIS terpilih SMKN 1 Magetan Sonia Merisa dari kelas XI Akutansi berharap dengan digelarnya Pemilu ala siswa ini teman-temannya dapat memiliki pengetahuan untuk coblosan sekaligus menerapkan pesta demokrasi di sekolah.
Selain itu, dengan pilihan yang demokrasi dengan luber dan jurdil kedepan OSIS bisa selalu menjadi wadah berbagai macam kegiatan siswa.
“Kami berharap kedepan OSIS bisa menjadi wadah aspirasi, inspirasi dan kreatifitas para siswa-siswi sehingga SMKN 1 Magetan bisa lebih maju dan berkembang, (GSI News -Agus)
Area lampiran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *