Melalui OSS Pemerintah Magetan Pastikan Urus Perijinan Menjadi Mudah Dan Cepat

oleh

MAGETAN.GSINews.Net – Melalui perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau Online Single Submission (OSS) yang telah diterapkan oleh Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Pemerintah Magetan memastikan pengurusan perijinan tidak sulit dan ribet. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Magetan Joko Trihono,S.Sos mengatakan,  pelaku usaha perorangan atau badan usaha termasuk UMKM baru maupun yang sudah mandiri bisa mengakses OSS untuk mengurus perijinan. “Pelaku usaha bisa mengakses OSS dengan menginput Nomor Identitas kependudukan NIK atau email pribadi dan email perusahaan. Setelah itu warga akan mendapat user id dan password melalui email,” ujarnya Kamis (27/09/2018).

Setelah pelaku usaha bisa mengakses OSS, system akan menerbitkan Nomor Induk Berusaha (NIB). NIB merupakan identitas pelaku usaha dalam rangka pelaksanaan kegiatan berusaha sesuai dengan bidangnya. “NIB wajib dimiliki pelaku usaha yang ingin mengurus perizinan berusaha,” Imbuh Joko Trihono,S.Sos.

Melalui layanan OSS, pelaku usaha juga bisa mengurus izin lokasi, Izin Mendirikan Bangunan IMB, Izin Operasional atau Komersil, Izin Lingkungan dan Izin Usaha. Mengurus izin melalaui Layanan OSS selain menjamin kepastian, cepat dan murah menurut Joko Trihono juga serta bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. “Layanan OSS terintegrasi secara elektrik, sudah ada standar perizinan, pengawalan proses perizinan oleh satuan tenaga nasional,” ucapnya.

Layanan OSS merupakan upaya pemerintah dalam menyederhanakan perizinan berusaha dan menciptakan model pelayanan perizinan terintegrasi yang cepat dan murah, serta member kepastian.  Sistem OSS ini mulai dibangun pemerintah sejak Oktober 2017. Layanan tersebut merupakan pelaksanaan dari Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha sementara‎ pelaksanaan OSS diatur dalam Peraturan Pemerintah no.24 tahun 2018.(GSINews-Soek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *