Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Kresek

oleh

MADIUN.GSINews.Net – Dalam rangka peringatan Hari Kesaktian Pancasila setiap Tanggal 1 Oktober, Pemerintah Kabupaten Madiun Jawa Timur menggelar upacara di monumen Kresek Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun.

Dan bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Madiun H Ahmad Dawami, selain itu  juga turut hadir jajaran Forpimda Kabupaten Madiun Jawa Timur.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila juga di ikuti oleh pelajar, pramuka, serta ormas dan mahasiswa. Setelah upacara selesai, Bupati beserta jajaran forpimda melihat relief dan mendengarkan keterangan tentang Kekejaman PKI Tahun 1948 Di Monumen Kresek.

Didekat monumen ini juga terdapat prasasti batu yang mengukir nama-nama prajurit TNI dan pamong desa yang gugur dalam pertempuran melawan PKI di Desa Kresek maupun karena dibantai oleh PKI. Kolonel Infanteri Marhadi adalah prajurit TNI berpangkat tertinggi yang gugur dalam pertempuran Desa Kresek, namanya lalu diabadikan menjadi salah satu nama jalan di Kota Madiun

Dan di salah satu monumen kresek tersebut juga terdapat relief yang menggambarkan kekejaman PKI. Monumen Kresek juga merupakan saksi bisu kesadisan PKI di Madiun. Hingga akhirnya PKI di madiun ini bisa di tumpas oleh pasukan siliwangi. (GSINews-Noor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *