Pemkab Magetan Berdayakan Perekonomian Dan Menekan Angka Kecelakaan Jalan Raya Di Kecamatan Lembeyan Dengan Melebarkan Ruas Jalan  Dan Membangun Drainase.

oleh

MAGETAN. GSINews.Net – Untuk menekan angka  kecelakaan jalan raya dan mencegah terjadinya banjir memasuki musim penghujan, Pemerintah Kabupaten Magetan melalaui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyelesaikan pelebaran jalan serta pembangunan drinase di Kecamatan Lembeyan sepanjang 800 meter. Kabid Jalan Dan jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan  Rakyat  Kabupaten Magetan Muhtar Wahid, selain mencegah banjir dan menekan angka kecelakaan lalulintas, pembangunan drainase dan pelebaran jalan diharapkan akan mempu meningkatkan geliat perekonomian di Kecamatan Lembeyan. Karena selain mempercantik lingkungan, keberadaan pelebaran jalan dengan cara dicor tersebut bisa dimanfaatkan oleh warga untuk kegiatan perekonomian di malam hari. “Tujuan diadakan proyek itu pasti untuk mensejahterakan masyarakat.  Dan pekerjaan proyek pasti menyerap tenaga kerja dari masyarakat, yang jual pasir laku, warung laku, disamping itu hasil proyeknya warga lembeyan yang dulu jalan diaspal sekarang jalannya di trotoar,” ujarnya Rabu (03/10/2018).

Sepajang 800 meter jalan yang berada di sekitar pasar dan Kantor Kecamatan Lembeyan saat ini sudah tertutup rapi dengan cor beton. Pelebaran jalan juga membuat lebar ruas jalan yang tadinya hanya 5 meter saat ini bertambah menjadi 2 kaki lipat lebarnya. Dengan lebar jalan mencapai 10 meter jalan di Kecmatan Lembeyan yang juga merupakan jalan poros menuju sejumlah kawasan wisata tersebut dari arah Kota Ponorogo dan Kota Madiun diharapkan mampu menambah ramainya beberapa lokasi pariwisata di Kabupaten Magetan. “Itemnya penutupan saluran dan pelebaran jalan, saluran itu kita desain untuk mengatasi banjir. Kontraknya November selesai. Tahun lalu 320 meter dan saat ini 320 meter, jadi sudah hamper 800 meter,” imbuhnya.

Pemerintah Kabupaten Magetan rencananya akan terus melakukan pembangunan drainase dan pelebaran jalan  di Kecamatan Lembeyan dengan cara cor  pada tahun 2019 mendatang  mengingat tingginya manfaat yang bisa dinikmati warga Kecamatan Lembeyan. ” Tujuan membangun di kecamatan Lembeyan dalam program pembangunan Ibu Kecamatan IKK agar berubah. Dari 50 tahun lalu Lembeyan tidak banyak berubah. Sekarang mulai berubah, kalau malam sudah mulai bergeliat ekonominya,” ucapnya.

Salah satu warga Kecamatan  Lembeyan Warti yang sebagian lahannya terkena pelebaran jalan mengaku ikhlas demi kemajuan kecamatan. Sejak adanya trotoar dan jalan di tempatnya angka kecelakaan juga mulai menurun. “Warga ihklas karena tempat kami semakin terlihat rapi. Sajak jalannya lebar sudah jarang terjadi kecelakaan disini,” ucapnya. (GSINews-Soek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *