Dinkes Kabupaten Magetan Buka Layanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Dalam Pameran Tahunan Memperingati HUT ke 343

oleh

MAGETAN.GSINews.Net – Dalam rangka memperingati  HUT ke 343 Kabupaten Magetan di GOR Mageti Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan membuka layanan pemeriksaan kesehatan secara gratis kepada masyarakat. Kasie Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Totok Aprijanto mengatakan, layanan pemeriksaan kesehatan digelar untuk mengajak masyarakat agar bisa mendeteksi dini terhadap penyakit yang ditimbulkan dari peningkatan kadar gula darah dan kolesterol. “ Ini bisa  untuk deteksi dini. Kalau sudah kena gula darah  tinggi, diabet pasti merembet. Kalau kena kolesterol rata rata terjadi hipertensi,” ujarnya Kamis (05/10/2018).

Dengan mengetahui secara dini kesehatan masyarakat nantinya mereka bisa mengantisipasi atau secepatnya akan melakukan perawatan ke puskesmas terdekat dengan berbekal data kesehatan yang mereka peroleh dari layanan pemeriksaan kesehatan yang dibuka di stand pameran Dinas Kesehatan. Melalui gerakan gerakan Masyarakat Hidup Sehat Germas Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan mengajak masyarakat kontinyu melakukan cek up kesehatan secara kontinyu untuk mencegah potensi penyakit yang diderita masyarakat. “ Harapan semua masyarakat sehat. Datang ke puskesmas itu tidak sakit karena puskesmas itu pusat kesehatan masyarakat bukan pusat sakit masyarakat. Warga datang ke puskesmas itu harapan kita karena ada kesadaran untuk memeriksakan kesehatan atau ceck up kesehatan bukan sakit,” katanya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan mentargetkan lebih dari 3.000 warga nantinya akan memanfaatkan layanan gratis pemeriksaan kesehatan yang dibuka di satnd pameran pembangunan dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Magetan ke 343 tersebut. Menurut Joko Kabupaten Magetan merupakan daerah yang beresiko tinggi dengan potensi penyakit TBC, Hipertensi dan Orang Dengan Gangguan Kejiwaan ODGJ. “ Kita kedepankan layanan gratis pemeriksaan kesehatan ini karena ini merupakan permintaan dari Masyarakat. Hingga tanggal 14 mendatang kita targetkan 3000 masyarakat memanfaatkan layanan ini. Kabupaten magetan merupakan kota dengan penyakit TBC, Hipertensi dan Orang Dengan Gangguan Kejiwaan ODGJ tertinggi di Jawa Timur,” ucapnya

Ladimun waga Desa Nggondang Kecamatan Karang Rejo mengaku senang bisa mengetahui kadar kolesterol dan kandungan gula darah  ditubuhnya usai melakukan pemeriksaan gratis di salah satu stand pameran yang diselenggarakan dalam rangka peringatan HUT ke 343 Kabupaten Magetan. Melaaui stand Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan dia mengaku selama  ini belum pernah melakukan pemeriksaan kesehatan terkat kadar kolesterol dan gula darah karena kesibukannya. “Senang akhirnya bisa tahu kondisi kadar gula darah dan kolesterol. Disini kan kebetulan melihat pameran dan periksanya gratis,  Akhirnya saya bisa mengontrol pola makan saya,” ujarnya. (GSINews-Soek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *