Dinkes Magetan Kampanyekan Pre Eklamsia Ibu Hamil

oleh

Magetan. GSINews.Net – Dinas Kesehatan kabupaten Magetan Jawa Timur menggelar kampanye dan talk show terkait  kepedulian keluarga terhadap pre eklamasi ibu hamil dan upaya pemenuhan 1000 PHK untuk mencegah stunting. Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan Imam Suwarso mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk menekan tingginya angka kematian pada ibu dan bayi di Kabupaten Magetan. “ Angka kematian ibu sampai bulan Oktober  ada 6, seharunya nol. Kalau kematian bayi semester pertama itu 44, kalau sampai bulan Oktober mencapai 70 an, “ ujarnya Jumat (19/10/2018).

Imam Suwarso  menambahkan, meski angka kematian ibu dan anak kabupaten Magetan ternasuk rendah di Jawa Timur, namun  kegiatan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pemahaman terhadap pre eklamsia ibu hamil dan upaya pemenuhan 1000 PHK untuk mencegah stunting.  Masyarakat di Magetan masih banyak yang keliru memahami terhadap kebiasaan memberikan nasi tim dan pisang kepada bayi berusia di bawah 6 bulan. “ Warga masih bangga kalau bayinya bisa menghabiskan pisang satu,  padahal usus bayi kan rentan sekali,” imbuhnya.

Selain menggelar talk show Dinas Kesehatan Magetan juga melakukan kampanye ke sejumlah titik lalulintas di Magetan membagikan selebaran terkait pre klamsia. Melalui selebaran yang dibagikan diharapkan suami maupun keluarga ibu yang hamil juga diajak untuk memahami pre eklamsia dan  kebutuhan ibu hamil derta bayi dalam 1000 hari pertama kehidupan. “Semakin dini ditemukan, pengelolaan pre eklamsia akan lebih baik sehingga ibu hamil bisa melalui kehamilan dengan sehat,” ucap Imam. ( GSI News-Adim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *