Jelang Lebaran Pembuat Jajanan Madumongso Banjir Orderan

oleh

Madiun.GSINews.net – Meski Hari Raya Idul Fitri masih kurang 15 hari lagi, namun masyarakat mulai berburu aneka jajanan baik sebagai sajian disaat lebaran atau sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara. Salah satu jajanan khas masyarakat kota madiun dihari lebaran adalah madu mongso. madu mongso adalah kudapan yang berbahan dasar ketan yang telah difermentasi.

Jajanan hitam manis khas Madiun ini, selain memiliki rasa legit, juga mempunyai rasa asam bercampur manis, tak heran madumongso selalu menjadi jajanan khas lebaran yang wajib dihidangkan.

Di Desa Gandul Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun, terdapat industri rumahan pembuat jajanan khas madumongso. Misbahul Asmunir, ibu dari 2 anak ini telah menekuni pembuatan kudapan legit madumongso  ini selama 4 tahun. Bu Asmunir mengaku menjelang lebaran dirinya kebanjiran orderan, bahkan kenaikannya sangat signifikan yaitu sekitar 70 persen dibandingkan hari-hari biasa.

Meski proses pembuatannya memakan waktu cukup lama, namun ramadhan dan lebaran selalu membawa berkah untuk usahanya dan keluarganya, bahkan tak jarang pihaknya sempat menolak orderan karena kurangnya tenaga kerja dalam pembuatan madumongso. GSINews-Noor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *