Kendarai Trail Bupati Madiun Panen Porang Di Desa Klangon Saradan

oleh

MADIUN.GSINews.Net – Bupati Madiun Ahmad Dawami dan beberapa unsur Forkopimda Kabupaten Madiun melakukan pemantauan langsung panen Porang di Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun Jawa Timur pada Sabtu pagi tanggal 29 Juni 2019.

Dengan mengendarai sepeda motor jenis trail. Bupati Madiun bersama rombongan Diikuti oleh puluhan komunitas off roader motor trail. Baik dari Madiun dan luar kota Madiun, Meninjau secara langsung panen porang dikawasan hutan yang masuk dalam KPH Saradan ini. Petani porang di Desa Klangon Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun ini menggunakan lahan perhutani KPH Saradan untuk budidaya umbi porang. Dimana hal ini merupakan langkah dari pemerintah Kabupaten Madiun yang bekerjasama dengan PERUM PERHUTANI KPH SARADAN untuk membudidayakan umbi porang sebagai komoditas unggulan yang bernilai ekonomi tinggi. Yang tentu saja akan meningkatkan kesejahteraan para petani porang nantinya.

Hampir semua hasil panen dari umbi porang di wilayah Kabupaten Madiun ini sendiri di eksportke luar negeri salah satunya ke negara Jepang. Untuk diolah sebagai bahan baku mi tradisional Jepang dan juga sebagai bahan kosmetik.

Bupati Madiun Ahmad Dawami menjelaskan. Bahwa pemerintah Kabupaten Madiun telah melakukan MOU dengan sebuah perusahaan yang akan mengambil bahan baku umbi poran. Bupati berharap agar harga umbi porang kedepannya akan tetap stabil untuk meningkatkan kesejahteraan para petani porang di wilayah Kabupaten Madiun.

Sementara itu. Kepala desa klangon Didik kuswandi mengungkapkan. Bahwa ribuan ton umbi porang dihasilkan dari Desa Klangon. Yang tentu saja hal ini akan mengangkat perekoniomian warga desa klangon sebagai petani porang. Mengingat harga umbi porang kering sekitar 50 ribu per kilonya. Sedangkan basah berkisar antar 8 sampai 9 ribu perkilonya.

Diharapkan. Dengan pemanfaatan lahan di KPH Saradan untuk budidaya porang ini. Masyarakat ikut serta menjaga kelestarian dan ekosistem hutan di wilayah Kabupaten Madiun. GSINews-Noor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *