,

Tradisi Selamatan Rakyat Rosulluh Husada Desa Paringan Ponorogo

oleh

Foto : Kepala Desa Paringan menyerahan tumpeng utama kepada Sesepuh Desa yang ada di Desa Paringan (Fad/GSINews.Net).

PONOROGO.GSINews.Net – Tradisi selamatan rakyat Rosulluh Husada dalam rangka Bersih Desa  yang di lakukan masyarakat Desa Paringan. Kecamatan Jenangan. Kabupaten Ponorogo Jawa Timur, merupakan wujud kearifan lokal yang mempunyai nilai nilai luhur yang perlu di kembangkan dan di lestarikan keberadaanya, dan Selamatan Rakyat Rosulluh Husada ini merupakan tradisi budaya yang juga Khasanah Budaya Bangsa .

Beginilah kegiatan selamatan rakyat rosulluh husada yang berada di Desa Paringan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo Jawa Timur, yang di gelar malam kemarin Rabu 24 Juli 2019. Acara Rosuluh Husada ini di lakukan oleh  Perangkat Desa dan seluruh Masyarakat Desa Paringan.

Ke unikan  dalam Acara Selamatan Rakayat Rosulluh Husada ini, yaitu semua masyarakat  yang ada di Desa Paringan saat prosesi Selamatan Rosulluh Husada ini menggunakan pakaian serba putih dan acara  ini gelar di Sepanjang Jalan yang ada  di depan Balai Desa setempat.

Sementara terkait tradisi selamatan Rakyat Rosulluh Husada  ini. Kepala Desa Paringan Suwendi menjelaskan, bahwa acara ini di lakukan Masyarakat Desa  setiap tahun  sekali dalam rangka Bersih Desa, dan Acara Rosulluh Husada  ini sendiri di lakukan sebagai ungkapan syukur kepada Allah Swt, karena telah di berikan  berkahnya sehingga   Warga Desa Paringan  bisa hidup damai dan tentram, acara ini juga untuk mengharap  keselamatan kepada  Allah Swt, agar Desa Dan Masyarakat Paringan ke depan senantiasa di  di jaga dari segala musibah dan bencana juga sebagai ungkapan rasa syukur ini, Masyarakat Desa Paringan menggelar selamatan  dengan membawa ambengan dan panggang  yang di taruh di sepanjang  Jalan yang ada di depan Bale Desa setempat, dan selanjutnya malaksanakan Tahlilan dan Sholawatan.

Suwendi menambahkan dalam  rangkaian selamatan rakyat Rosulluh Husada tersebut, di mulai sejak siang hari yaitu dengan melakukan ziarah ke  Makam Eyang Pronoi Joyo, dimana Pronoi Joyo ini merupakan  sesorang yang mengawali atau babat Desa Paringan. Ziarah Makam ini di lakukan oleh seluruh Perangkat Desa. Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat yang berada di Desa Paringan.

Dan acara di lanjutkan  pada malam hari dengan mengarak Tumpeng Rosulluh Husada, dari salah satu Mushola yang ada di Desa setempat menuju Balai Desa, dalam acara arakan tumpeng ini di barengi dengan  Lagu Lagu Sholawat, dan pemandaman penerangan Jalan, sehingga hanya penerangan obor saja yang terlihat di sepanjang jalan saat prosesi tersebut.

Prosesi selamatan Rosulluh Husada ini, di tandai dengan penyerahan tumpeng utama dari Kepala Desa ke Sesepuh Desa yang ada di Desa setempat, dan acara di lanjutkan dengan melakukan doa bersama, sementara acara di akhiri dengan acara menyantap ambengan dan makan bersama.

Terkait acara tersebut Kepala Desa Paringan Suwendi berharap, kegiatan Selamatan Rakyat Rosulluh Husada Ini nanti, di samping doa untuk meminta berkah  dan keselamatan untuk Desa dan masyarakatnya, juga sebagai  ajang silahurohmi antara Perangkat Desa dengan masyarakat yang ada di Desa, sehingga silahturomi terjalin baik yang selanjutnya masyarakat dan Pemerintah Desa secara bersama sama membangun Desa untuk mewujudakan Desa lebih makmur dan sejahtera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *