,

Sidak Hewan Qurban, Petugas Temukan Hewan Tak Layak Kurban

oleh

Foto : Petugas Dinas Peternakan Kabupaten Madiun sedang melakukan pemeriksaan kesehatan kambing qurban dilapak pedagang kambing musiman (Noor/GSINews.Net).

MADIUN.GSINews.Net – Dua minggu jelang Hari Raya Idul Adha. Dinas Peternakan Kabupaten Madiun Jawa Timur melakukan inspeksi mendadak ke beberapa penjual kambing hewan kurban dadakan di Wilayah Kecamatan Mejayan, satu persatu kambing yang dijual diperiksa oleh tim ahli dokter hewan, hal ini untuk memastikan kondisi kelayakan hewan yang dijual untuk dijadikan hewan kurban dari segi medis.

Sidak hewan kurban ini dilakukan di 5 titik yang berlokasi di 3 Kecamatan, yakni Kecamatan Mejayan / Wonoasri dan Kecamatan Wungu, hasilnya petugas menemukan sedikitnya 3 ekor kambing jawa mengalami penyakit mata, dari temuan ini, petugas menyarankan kepada penjual agar tidak menjual dan mengkarantina hewan tersebut, ini dimaksudkan agar tidak menular ke kambing yang lain selain itu, petugas juga menemukan 2 ekor kambing yang belum poel sehingga tidak layak untuk dijadikan hewan kurban.

Mendekati Hari Raya Idul Adha, para penjual kambing musiman ini kebanyakan kurang memperhatikan kelayakan dan kesehatan hewan kurban dagangannya, mereka bahkan tidak memperhatikan kondisi kebersihan hewan, sehingga rentan terhadap penyakit, apalagi mayoritas hewan hewan yang mereka jual rata-rata bukanlah hewan ternak mereka sendiri melainkan hewan titipan.

Pemerintah menghimbau kepada masyarakat atau calon pembeli agar berhati hati dan lebih jeli dalam memilih  hewan yang akan dipergunakan untuk qurban nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *