,

Simulasi Penanganan Bencana Gempa Bumi

oleh

Foto : Para pelajar Sdn Kersikan Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi mengikuti acara simulasi Gempa Bumi (Ari/GSINews.Net).

NGAWI.GSINews.Net – Bencana gempa bumi melanda Wilayah Kabupaten Ngawi, sehingga merusak rumah warga dan fasilitas umum. Pemerintah setempat langsung memberlakukan situasi darurat, salah satunya dengan mendirikan tenda pengungsian, berkat koordinasi efektif pemerintah daerah bersama TNI dan POLRI serta relawan bisa bergerak cepat melakukan penyelamatan dan evakuasi korban.

Para pelajar Sdn Kersikan Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi panic, saat gempa tektonik dengan magnitudo 6,0 skala ricter mengguncang ruang kelasnya, guru yang mengajar langsung menginstruksikan para pelajar untuk menyelamatkan diri dan berlindung dibawah meja, gempa yang terjadi juga merusak bangunan dan fasilitas umum.

Pemerintah daerah bersama Tni dan Polri dan relawan yang selama ini sudah berkoordinasi dengan efektif langsung bergerak cepat, mereka melakukan evakuasi korban gempa bumi yang masih terjebak dalam bangunan, yang terluka langsung dilarikan ke tenda darurat untuk mendapatkan penanganan medis, sedangkan warga yang kehilangan rumah dievakuasi ke tenda pengungsian, selain memberikan logistic, tim gabungan juga memberikan dukungan psikologis untuk korban bencana.

Kejadian tersebut hanyalah simulasi penanganan situasi darurat jika terjadi gempa bumi, sosialiasi tentang bencana  gempa bumi dilakukan dalam latihan kewaspadaan penanganan berbagai ancaman bencana alam oleh BPBD setempat,  simulasi ini bertujuan memberikan kesadaran kepada generasi muda, melatih para relawan dan warga desa dalam program desa tangguh bencana.

Bpbd Kabupaten Ngawi selama ini lebih fokus dalam penanganan bencana hidrometeorogi seperti banjir, angin puting beliung, tanah longsor dan kekeringan berpotensi menjadi episentrum gempa bumi tektonik. Bpbd setempat berupaya membangun kesadaran masyarakat, sehingga terbentuk kesiagaan dalam menghadapi bencana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *