,

Bungkus Daging Qurban Dari Pelepah Pisang

oleh

Foto : Barno Kepala Desa Bringinan Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo Jawa Timur. Memanfaatkan pelepah pisang sebagai pengganti plastik untuk daging kurban (Fad/GSINews.Net).

PONOROGO.GSINews.Net – Inspirasi yang kreatif menjelang Hari Raya Idul Adha atau Idul Qurban kembali muncul dari salah satu Kepala Desa Kabupaten Ponorogo Jawa Timur, yaitu bungkus daging qurban yang unik, hemat dan ramah lingkungan, ialah dengan memanfaatkan pelepah pohon pisang yang ada  di sekitar lingkungan Desanya.

Beginilah kekreatifan Barno Kepala Desa Bringinan Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo Jawa Timur, menjelang Idul qurban Barno bersama warga berinisiatif untuk memanfaatkan pelepah pohon pisang sebagai tempat daging qurban  yang di laksanakan hari Minggu 11 Agustus 2019  besok.

Terkait pemebuatan encek atau bungkus daging korban dari pelepah pohon pisang ini  ini. Barno menjelaskan  hal tersebut di lakukan dalam rangka mendukung pemerintah daerah dalam rangka mengurangi sampah plastik yang ada di Ponorogo. Barno mengaku  dengan memanfaatkan pelepah pisang yang ada di lingkungannya yang sudah tidak terpakai ini, di samping menghemat biaya juga memberikan pembelajaran kepada masyarakat desa untuk lebih peka dan lebih kreatif terhadap pemanfaatan apa yang ada di lingkunganya.

Terkait dengan itu Barno berharap, tradisi pembuatan encek ini bisa di lestarikan saat ada kegiatan  baik kegiatan selamatan atau kegiatan lainnya, di samping unik dan menarik, encek ini juga ramah lingkungan serta mendukug pemerintah dalam rangka mengurangi sampah plastik yang ada di Ponorogo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *