,

Makam Eyang Sawung Galing

oleh

Foto : Makam Eyang Sawung Galing yang berada di  Desa Plancungan Kecamatan Slahung Ponorogo (Fad/GSINews.Net).

PONOROGO.GSINews.Net – Tidak ada salahnya kita megenal wisata wisata religi dan Makam Para Aulia yang ada di Kabupaten Ponorogo Jawa Timur, di Ponorogo sendiri di samping 2 tempat religi yang sudah di kenal di Nusatara  yaitu  Makam Batoro Katong dan makam Kh. Muhhamad Kasan Besari, ternyata masik  bnyak tempat tempat relegi sebagai jejak Siar Islam di masa lampau di Bumi Reog ini.

Namun karena banyaknya Para Aulia ini, masih sedikit  masyarakat yang mengetahui keberadaan makam makam para aulia yang ada di Ponorogo.

Seperti halnya keberadaan Makam Eyang Sawung Galing yang berada di  Desa Plancungan Kecamatan Slahung Ponorogo ini, menurut sesepuh Desa  setempat, Eyang Sawung Galing ini merupakan salah satu santri dari  Sunan Kali Jaga yang berasal dari Jawa Tengah, yang mengembangkan siar agama ke Wilayah Ponorogo, dan akhirnya menetap di Bumi Plancungan Kecamatan Slahung.

Sementara terkait dengan keberadaan Makam Eayang Sawung Galing tersebut, Kepala Desa Plancungan Nuri Sulistiyo  mengatakan, bahwa Eyang Sawung Galing, disamping sebagai Aulia Siar Islam. Eyang Sawung Galing juga merupakan Sesepuh Desa Plncungan, karena di yakini Eyang Sawung Galing yang babat atau memulai adanya Desa Plancungan tersebut.

Dan untuk menghormati  keberadaan beliau, tempat sekitar makam  Eyang Sawung Galing akan di berikan  sarana  yang baik nantinya, sehingga  para penziarah kubur  yang akan ke Makam Eyang Sawung Galing bisa lebih khusuk, Eyang Sawung Galing bukan hanya milik masyarakat plancungan saja, namun eyang sawung galing milik semua masyarakat muslim, karena perjuangannya Siar Islam  Bumi Ponorogo tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *