,

Tradisi Bersih Desa Gandul Pilang Kenceng

oleh

Foto : Tradisi Budaya Bersih Desa atau Nyadranan, yang juga merupakan salah satu Destinasi Wisata Budaya yang ada di Desa Gandul (Pras/Sus/GSINews.Net).

MADIUN.GSINews.Net – Tradisi Budaya Bersih Desa atau Nyadranan, merupakan tradisi budaya leluhur  yang mempunyai filosofi kepercayaan Masyarakat Desa terhadap Sang Pencipta. Bersih Desa atau Nyadranan biasanya juga di lakukan sebagai ungkapan rasa syukur Masyarakat Desa kepada Sang Pencipta yang telah memberikan berkah pada Desanya, dan menjaga Desa dari berbagai bencana dan musibah, sehingga masyarakat Desa bisa hidup tenang dan tentram.

Terkait kegiatan Nyadranan atau bersih Desa tersebut. Plt Sekretaris Desa Gandul  Agus menjelaskan, bahwa kegiatan Bersih Desa ini  rutin di lakukan di Desanya, karena merupakan Tradisi dan Budaya Desa, dan untuk kegiatan ini Pemerintah Desa juga mengundang dan melibatkan selurah tokoh serta lapisan masyarakat, dari Sesepuh Desa. Alim Ulama dan yang lainnya.

Terkait dengan tradisi dan budaya Nyadranan ini, juga merupakan salah satu Destinasi Wisata Budaya yang ada di Desa Gandul, untuk itu  pihaknya juga mengarapkan kepada masyarakat senantiasa menguri uri dan melestarikan tradisi dan budaya yang ada di Desa Gandul tersebut.

Dan untuk ungkapan rasa syukur tersebut, biasanya Pemerintah Desa menyuguhkan berbagai hiburan  di Desanya, seperti pagelaran wayang atau hiburan lainnya, dan dampak dari kegiatan tradisi budaya  Bersih Desa atau Nyadranan ini, secara ekonomi juga bisa membatu peningkatan perkonomian para pedagang yang ada di Desa Gandul meski hanya setahun sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *