,

Grebeg Suro Dan Hari Jadi Ponorogo 523

oleh

Foto : Pembukaan Grebeg Suro Tahun 2019. Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni beserta Istri bersama para penari jathil di panggung utama Aloon-aloon Ponorogo (Fad/GSINews.Net)

PONOROGO.GSINews.Net – Perayaan Grebeg Suro. Festival Reog Nasional ke 26, dan  hari Jadi  Pemkab  Ponorogo  Ke 523 Tahun,  malam kemarin 21  Agustus 2019, menjadikan moment yang spesial   dan berbeda dengan Perayaan Grebeg Suro sebelumnya. Pasalnya , perayaan Grebeg Suro pada Tahun 2019 ini merupakan momen sejarah baru  dalam Pembukaan Grebeg Suro, karena pada pembukaan Grebeg Suro Tahun 2019 ini, di tampilkannya Seni Reog Ponorogo yang origin yang tidak di miliki oleh daerah manapun dan Negara manapun,  yaitu di tampilkannya  Jahtilan Lanang  dalam pembukaan Grebeg Suro, yang di laksanakan di Panggung Utama Alon Alon Ponorogo  malam kemarin.

Momen spesial lainnya, Pada Grebeg Suro Tahun  2019 ini. Bupati Ponorogo Ipon Muchlissoni mengundang para mahasiswa yang berasal dari Papua  yang sedang belajar di Bumi Reog ini secara langsung, dan mengundang ramah tamah di Rumah Dinas Pringgitan  Bupati.

Dalam hal ini. Bupati ingin menunjukkan bahwa  Ponorogo sangat welcome terhadap siapa saja, termasuk mahasiswa Papua yang  sedang belajar di Ponorogo ini, karena Ponorogo adalah Indonesia dan Papua  saudara kita dan Papua adalah Indonesia. Bupati  juga berharap siapapun yang datang ke Ponorogo termasuk mahasiswa PApua ini akan di berikan rasa nyaman dan aman hidup belajar di Bumi Reog ini.

Sementara terkait pembukaan Grebeg Suro Tahun 2019  ini, ada pementasan Original Reog Ponorogo dengan penampilan Jathil Lanang. Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni mengaku sangat bangga  dan senang, biar Dunia dan masyarakat tahu juga bahwa Reog selama ini yang ada di seluruh Nusantara ini, ada rohnya,  seni reog yang tidak  di miliki oleh daerah lain, dan penampilan Jathil Lanang ini nanti langsung di bawakan oleh para Jahtil Lanang pada generasi yang terakhir.

Untuk itu  dalam rangkaian Grebeg Suro Tahun 29019 ini masyarakat seluruh Indonesia jangan sampai melewatkan, karena rangkaian Gebeg Suro Pada Tahun 2019 ini, menyuguhkan kurang lebih 38 kegiatan. Budaya dan Seni Yang ada di Ponorogo, datang ke Ponorogo akan merasakan  kebahagiaan dan kenangan yang tidak terlupakan.

Sementara itu terkait penampilan Jathil Lanang The Origin Reog pada Grebeg Suro Tahun 2019 ini. Agung salah satu jahtil lanang generasi terakhir,  mengaku sangat senang dan bangga bisa kembali tampil dalam acara  Grebeg Suro tersebut, dan ia berharap  pementasan Reog Origin  pada Grbeg Suro  nanti bisa terus di tampilkan sebagai pembuka  Festival Rego Nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *