,

Tradisi Nyadran Atau Bersih Desa Duren

oleh

Foto : Pagelaran kesenian  tayub dalam acara nyadran atau Bersih Desa Duren (Pras/GSINews.Net)

MADIUN.GSINews.Net – Dalam wujud syukur kepada Sang Pencipta . Yang telah memberikan  berkah  kepada Desanya. Dan menjauhkan dari malapetaka di Desanya . Perangkat Desa dan ratusan Warga Desa  Duren Kecamatan Pilang Kenceng Kabupaten Madiun, menggelar acara Nyadran  atau Bersih Desa yang berada di Sendang Makam  Duren yang ada di Desa setempat.

Beginilah tradisi budaya luhur yang senantiasa di lestarikan  dan di  uri uri oleh masyarakat warga Desa Duren setiap tahun sekali,  tradisi  turun temurun dari nenek  moyang ini merupakan sebagai ungkapan wujud syukur kepada Allah Swt, karena  di Bumi Desa Duren di berikan  kehidupan yang baik, tanah yang subur sehingga memberikan hasil pertanian mayarakat Desa Duren yang melimpah.

Sementara itu, terkait kegiatan Bersih Desa atau Nyadran tersebut.  Kepala Desa Duren Suyadi menjelaskan, dalam kegiatan Bersih Desa ini di samping di gelar doa bersama  dengan kegiatan istighozah, juga di gelar kesenian tayub,  pagelaran kesenian  tayub ini  merupakan tradisi budaya  nenek moyang,  yang mempunyai  arti  dan makna tersendiri dalam mengiringi kegiatan Bersih Desa atau Nyadran tersebut.

Gunawan selaku warga Desa Duren,  mengaku bangga kepada Pemerintah Desa, dimana  kepedulian Pemerintah Desa terhadap seni budaya  yang ada di Desa nya ini senantiasa di lestarika, sehingga dengan kepedulian Pemerintah Desa pada tradisi budaya  tersebut,  pihaknya optimis  tradisi budaya  yang ada di Desa Duren ini, akan tetap lestari dan berekembang  sampai kapanpun nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *