,

Lomba Pembuatan Asbak Dari Bambu Unik Di Desa Karangan

oleh

Foto : Kreatifitas Warga Desa Karangan dalam lomba membuat asbak unik dari bambu (Fad/GSINews.Net).

PONOROGO.GSINews.Net – Untuk menyemarakan peringatan Hut Kemerdekaan  RI ke 74 th, semua Masyarakat Indonesia mulai Pemerintah  Daerah, Pemerintah Desa, Intansi Swasta dan Lembaga  menggelar  peringatan  Hut RI 74 tahun  ini, dengan berbagai kegiatan dengan penuh suka cita, hal yang sama juga di lakukan oleh Pemerintah Desa Karangan Kecamatan Badegan  Ponorogo Jawa Timur,  dalam peringatan HUT RI ke 74 tahun ini. Pemerintah Desa Karangan menggelar kegiatan lomba yang unik, kreatif dan juga mempunyai nilai ekonomis dari pelaksanaan lomba tersebut, yaitu  di adakannya lomba membuat asbak bambu  dan kayu bekas yang ada  di seputaran desanya, dan hasil dan kekreatifan  warga ini cukup menakjubkan.

Beginilah lomba pembuatan asbak dari bambu dan kayu dalam rangka peringatan HUT RI ke 74 th yang di gelar  halaman  Kantor Desa  Karangan  Kec  Badengan Ponorogo Jawa Timur sore tadi, lomba ini di ikuti oleh seluruh rt  yang ada di Desa Karangan dan setiap rt menyuguhkan 4 karya asbak unik  baik yang terbuat dari bambu maupun kayu.

Terlihat kekreatifan para peserta lomba ini berhasil  menciptakan asbak asbak yang unik dan menarik, karena asbak ini tidak hanya sebgai tempat pembuangan puntung rokok saja, namun  juga sangat menarik di jadikan  hiasan di meja tamu.

Dalam lomba pembuatan asbak ini juga tercipta asbak berbentuk kijing, dan menurut  Sujarwanto pembutan asbak kijing ini, karena terinspirasi peringatan pemerintah akan larangan merokok, sehingga dengan asbak kijing ini mereka yang merokok bisa mengurangi  merokoknya.

Dalam lomba pembutan asbak  ini juga tercipta  asbak bambu rumpun yang unik, menurut  Lasiman pembuat asbak bambu rumpun tersebut, terinspirasi  ke indahan  alam yang ada di desanya, sehingga terwujud asbak bambu rumpun tersebut, dan selain  itu masih banyak asbak asbak yang unik dari bambu, seperti asbak  berbentuk burung, kapal dan  jenis lainya.

Sementara itu terkait pelaksanaan lomba pembuatan asbak dari bambu ini. kepala Desa Karangan Pujianto menjelaskan, bahwa lomba ini untuk menggali potensi alam yang ada di desanya, yang belum termanfaatkan, di samping untuk  mengasah kreatifitas warganya, dan di harapkan dari lomba pembutan asbak ini nanti bisa tercipta produk unggulan baru di Karangan, yang akhirnya bisa meningkatkan perekonomian warga desanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *