,

Bersih Desa Dan Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk Desa Bulu Kecamatan Pilang Kenceng

oleh

Foto : Acara nyadran  atau bersih desa dan wayang kulit semalam suntuk di Desa Bulu Pilang Kenceng (Pras/GSINews.Net).

MADIUN.GSINews.Net – Sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang  Maha Kuasa , yang telah memberikan  berkah  kepada Desanya.  Dan menjauhkan dari malapetaka di Desanya . Desa Bulu Kecamatan Pilang Kenceng Kabupatan Madiun, Jumat 30 Agustus 2019, mengadakan bersih desa atau nyadran, dan  pagelaran wayang kulit semalam suntuk.

Acara nyadran  atau bersih desa tersebut dihadiri oleh Perangkat Desa, Sekcam serta Muspika Pilang Kenceng , dan juga Warga Desa  Bulu Kecamatan Pilang Kenceng Kabupaten Madiun, yang sangat antusias  dengan acara nyadran yang diadakan di desanya ini.

Selain merupakan tradisi budaya luhur yang senantiasa di lestarikan  dan di  uri uri oleh masyarakat Warga Desa Bulu setiap tahun sekali,  tradisi nyadran atau bersih desa ini juga merupakan warisan turun temurun dari nenek  moyang, sebagai ungkapan wujud syukur kepada  Allah Swt, karena  di bumi Desa Bulu di berikan kehidupan yang baik, tanah yang subur, sehingga memberikan hasil pertanian masyarakat Desa Bulu yang melimpah.

Sementara itu, terkait kegiatan bersih desa atau nyadran tersebut.  Kepala Dusun atau Kamituwo.  Salimo menjelaskan, diharapkan  dengan adanya kegiatan ini, masyarakat Desa Bulu dijauhkan dari mala petaka, serta hidup aman, tentram, loh jinawi.

Dalam Kegiatan Bersih Desa ini, di samping di gelar doa bersama,  juga di gelar  pagelaran kesenian Wayang Kulit Semalam Suntuk. Dengan dalang Danang dari Sugeh Waras Kecamatan Saradan, dengan lakon Sesaji Rojo Sonyo, yang di adakan di halaman Kamituwo Dusun Kedung Brubus Baru, Desa Bulu, Kecamatan Pilang Kenceng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *