,

Jelang 10 Muharam, Warga Dusun Tanjungsari Madiun, Gelar Haul Akbar Di Pemakaman Muslim

oleh

MADIUN.GSINews.Net – Memasuki Bulan Muharam, berbagai kegiatan keagamaan digelar oleh masyarakat di beberapa daerah, salah satunya adalah masyarakat  Dusun Tanjungsari Kelurahan Manis Rejo Kecamatan Taman Madiun Jawa Timur.

Senin malam tanggal 09 September 2019, puluhan warga Dusun Tanjungsari Kelurahan Manis Rejo Kota Madiun Jawa Timur, menggelar haul akbar untuk mendoakan para masayikh, para ulama pendiri masjid baitul kariim dan para Pendiri Dusun Tanjungsari.

Ada yang berbeda dari haul akbar yang dilaksanakan Masyarakat Dusun Tanjungsari ini, dimana istighotsah dan lantunan ayat-ayat suci al-quran diadakan tepat didalam pemakaman muslim desa setempat, dimana dipemakaman ini dulunya juga pernah berdiri Masjid Kuno Tanjungsari sekitar tahun 1921, kegiatan ini sudah menjadi tradisi masyarakat dusun tanjungsari selama bertahun-tahun setiap menjelang 10  Muharam.

Ustadz  Chomarudin, ulama setempat mengungkapkan bahwa haul akbar dimakam muslim ini sudah dilaksanakan selama bertahun-tahun, disetiap menjelang 10  Muharam.

Selesai pembacaan ayat-ayat suci al-quran, kemudian dilanjutkan dengan acara tumpengan dimana nasi tumpeng beserta lauknya ini dimakan secara bersama-sama oleh segenap warga, hal ini dimaksudkan sebagai bentuk rasa syukur kepada sang pencipta dan menjaga tali silaturahmi dengan saling berbagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *