,

Kemeriahan Puncak Acara Grebek Sewulan

oleh

Foto : Kemeriahan Grebeg Sewulan, yang menapikan Kirab  Pusaka dan Gunungan raksasa yang bersi berbagai sayuran dan buah yang di buat oleh Masyarakat Desa Dagangan (Pras/Sus/GSINews.Net).

MADIUN.GSINews.Net – Grebeg Sewulan  Tradisi Budaya Yang unik yang menggambarkan ke arifan lokal Desa Sewulan Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun Jawa Timur, menyedot  perhatian masyarakat Kabupaten Madiun dan sekitarnya. Dan pada Acara Puncak Grebeg Sewulan ini, digelarnya  Kirab Pusaka Kiai Basyariyah dan Puluhan Gunungan yang berisi buah dan sayur sayuran dari hasil bumi masyarakat  setempat .

Beginilah Kemeriahan Grebeg Sewulan, yang menapikan Kirab  Pusaka dan Gunungan raksasa yang bersi berbagai sayuran dan buah yang di buat oleh Masyarakat Desa yang berada di Wilayah Kecamatan  Dagangan tersebut.

Dalam Puncak Grebeg Sewulan tersebut, hadir Bupati Madiun Ahmad Dawami dan Wakil Bupati Madiun Hari Wuryanto.  Terkait dengan  kegiatan Grebeg Sewulan tersebut. Bupati Madiun Ahmad Dawami  menjelasakan, bahwa Grebeg sewulan ini merupakan pelestaraian budaya lokal yang ada di Desa Sewulan, di mana di Desa Sewulan Ini merupakan  tempat   pertamakali  penyebaran Agama Isalam  di Madiun  Oleh Kiai Ageng Basyariyah, Sehingga di Sewulan ini juga merupakan  Tempat  Wisata Religi yang harus di lestarikan Keberadaanya.

Terkait dengan kegiatan Grebeg Sewulan ini, Ketua Panitia Grebeg Sewulan Muhammad Baidowi menjelaskan. Bahwa kegiatan ini untuk Memberikan wawasan edukasi kepada masyarakat dan generasi muda untuk lebih mengenal tokoh  tokoh besar  yang ada di Madiun ini, terutama  penyebar Agama Islam, karena selama ini genarasi muda lebih mengenal  tokoh-tokoh barat di bandingkan tokoh yang berjasa bagi bangsa dan agama saat ini

Sementara itu,  Kepala Desa Sewulan Sukarno dengan Kegiatan Grebeg Sewulan ini,  memberikan warna baru dalam mendukung Wisata Religi yang ada di Desa Sewulan yaitu Makam Kiai Ageng Basyariyah, dengan kegiatan tersebut nantinya juga bisa memberikan Effek Ekonomi bagi masyarakat sewulan khususnya dan masyarakat  Dagangan pada umumnya

Terkait dengan Kegiatan  Grebeg Sewulan  yang menyuguhkan  gunungan raksasa tersebut, juga memberikan  kesan tersendiri  bagi  warga  yang menyaksikan kirap pusaka dan gunungan tersebut, karena tidak sedikit warga  yang datang menantikan  berkah dari isi gunungan  di perebutkan bersama oleh warga yang hadir dalam Grebeg Sewulan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *