,

Nguri Nguri Budaya Bersih Desa Joketro.

oleh

Foto : Arak-arakan seni tradisional reog dan tarian jatilan yang mengiringi kemeriahan dari puncak acara Bersih Desa Joketro (Is/Mer/GSI News.Net).

MAGETAN.GSINews.Net – Masyarakat berbondong-bondong di dalam menghadiri kegiatan rutin tahunan yang di laksanakan Pemerintah Desa Joketro Kecamatan Parang Kabupaten Magetan Jawa Timur, pada Minggu 15 September 2019, yang bertempat di Rumah Kepala Desa.

Arak-arakan seni tradisional reog dan tarian jatilan yang mengiringi kemeriahan dari puncak acara bersih desa ini,  berangkat dari rumah Kepala Desa menuju depan Kantor Desa yang hanya berjarak beberapa meter tersebut,  juga dalam rangka menyambut bulan Muharram atau biasa di sebut Suroan.

Menurut penuturan Jarwo. Perangkat Desa setepat, bahwa acara yang di gelar tersebut, di adakan rutin tiap tahun oleh Pemerintah serta Masyarakat Desa Joketro. Dan merupakan wujud rasa syukur masyarakat atas limpahan nikmat dan rahmad dari Sang Pencipta.

Selain sebagai bentuk nguri nguri budaya dan kearifan local. Bersih Desa itu juga sebagai ajang silaturahmi antar  warga agar selalu terjalin erat di dalam semua sendi kehidupan bermasyarakat.

Rangkaian acara bersih desa yang di hadiri seluruh Komponen Pemerintah Desa, dan masyarakat ini, sebelumnya telah di awali dengan giat doa bersama yang di adakan dua hari sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *