,

Bersih Desa Nglambangan, Kirab Tumpeng Massal

oleh

Foto : Bersih Desa Nglambangan Dengan Kirab Tumpeng Massal (Tris/GSINews.Net).

MADIUN.GSINews.Net – Tradisi Budaya Bersih Desa Nglambangan kecamatan Wungu Kabupaten  Madiun Jawa Timur, yang di pusatkan di salah satu punden desa, yaitu Punden Lambang Kuning berlangsung meriah.

Beginilah kegiatan bersih desa yang di laksanakan Desa Nglambangan Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun Jawa Timur, pada  Jum’at 13 September 2019  malam Kemarin, Kegiatan Bersih Desa ini Di samping Menampilkan Berbagai seni Budaya desa yang  di pentaskan di panggung  Punden Lambang Kuning yang berada di desa setempat,  Juga diadakan Pawai Tumpeng Keliling Desa.

Terkait  Pelaksanaan Bersih Desa ini, Kepala desa Nglambangan Jumani Menjelaskan, bahwa kegiatan bersih desa ini dilaksanakan sebagai ungkapan wujud syukur kepada Allah SWT, yang telah  memberikan  Kemurahan kepada desanya, sehingga masyarakat desa bisa hidup  damai, aman dan sejahtera.

Dalam Kegiatan bersih desa ini di ikuti oleh  22 rt yang ada di Desa Nglambangan, dan setiap Rt membawa  tumpeng   untuk di arak keliling desa,  dan pawai tumpeng ini di mulai dari Kantor bale desa menuju Punden Lambang Kuning, dimana Punden lambing Kuning ini juga merupakan situs sejarah dari peninggalan kerajaan Majapahit.

Jumani Berharap, dengan kegiatan Bersih desa secara Rutin  di laksanakan 1 tahun sekali ini, bisa memberikan barokah bagi  Masyarakat dan Pemerintah Desa Ngalambangan, dan yang terpenting dengan kegiatan tradisi ini, Desa Nglambangan  nanti  akan lebih di kenal oleh masyarakat desa lainnya. Dan berharap Punden  Lambang Kuning nanti juga bisa menjadi Obyek Wisata  Sejarah yang ada di Desa Nglambangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *