,

Desa Mategal Galakan Bungkus Makanan Ramah Lingkungan Non Plastik

oleh

Foto : Musdes (Musyawarah Desa) yang di laksanakan Pemerintah Desa Mategal pada Selasa 1 Oktober 2019. Gunakan manfaatkan besek sebagai wadah makanan (Is/Mer/GSINews.Net).

MAGETAN.GSINews.Net – Besek adalah sebuah wadah tradisional yang terbuat dari anyaman bambu. Penggunaan besek sebagai wadah untuk bungkus makanan ataupun barang mungkin mulai di tinggalkan oleh sebagian orang.

Tapi lain halnya dengan Masyarakat Desa Mategal Kecamatan Parang Kabupaten Magetan Jawa Timur. Yang kembali menggunakan wadah tradisional ini sebagai tempat saji makanan ataupun wadah barang.

Bukan hanya pada kegiatan masyarakat, di dalam kegiatan Pemerintah Desa pun besek dan daun pisang, menjadi wadah alternatif untuk membungkus hidangan.

Sebagaimana tampak pada acara Musdes (Musyawarah Desa) yang di laksanakan Pemerintah Desa Mategal pada Selasa 1 Oktober 2019 di Balai Desa Setempat.

Menurut Sugiono Kepala Desa Mategal, bahwa penggunaan besek sebagai wadah makanan dalam kegiatan pemerintahanya  adalah menindak lanjuti Kampanye Bupati Magetan dalam rangka pengurangan adanya sampah plastik yang sangat tidak ramah lingkungan.

Sugiono  menambahkan,  pihaknya  juga akan  terus  melakukan  sosialisasi  kepada  masyarakat guna meningkatkan penggunaan  wadah non plastic, dalam kehidupan sehari hari. Sehingga ke depan di harapkan Desa Mategal menjadi Desa yang punya karakter ramah dan peduli lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *