,

Candi Banjarsari Di Desa Banjarsari Ngronggot, Simbol Masa Kejayaan Majapahit

oleh

Foto : Penemuan Situs Candi Banjarsari terletak di Desa Banjarsari Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk Jawa Timur (Roy/GSINews.Net).

NGANJUK, GSINews.Net – Candi Banjarsari terletak di Desa Banjarsari Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk Jawa Timur. Situs ini terletak di ujung sebuah gang kecil dekat tangkis pembatas sungai.

Candi banjarsari ditemukan Januari 2016 secara tidak sengaja oleh tiga penggali tanah, di lahan pribadi Nurul Wahid. mereka adalah Muhamad Efendi, Mahsanan, dan Saifudin. Berawal dari onggokan batu bata di permukaan, mereka menggali lebih dalam sehingga menemukan bentuk bangunan pada kedalaman tiga meter. Setelah dilakukan pengukuran, bangunan itu memiliki panjang 2,70 meter, lebar 2,10 meter, dan tinggi 1,70 meter.

Temuan tersebut lalu dilaporkan kepada Pemilik Tanah, Aparat Desa, Dan Kepolisian. Demi mengamankan lokasi penggalian. Pihak Kepolisian Memasang Police Line dan Dibuparda Nganjuk memasang tanda peringatan agar masyarakat tidak melakukan penggalian lagi.

Candi Banjarsari bercorak hindu, karena ditemukan tiga arca yang mengisi tiga relung candi. Ketiga arca tersebut adalah Dewi Durga Mahisa Suramardini, Agastya, dan sebuah arca yang duduk bersila.

Bahan dasar pembuatan candi berupa batu bata, sementara ketiga arca terbuat dari batu andesit . Tinggi setiap arca sekitar 70 sentimeter. Dari masa kapan candi tersebut dibangun, masih menjadi tanda tanya. Ini karena ketiadaan sumber tertulis berupa prasasti dari sekitar candi.

Namun banyak anggapan bahwa candi tersebut dibangun pada masa kerajaan majapahit. Alasan utama adalah adanya relief bunga berkelopak delapan di bagian tubuh candi. Diyakini, relief tersebut menyimbolkan Surya Majapahit.

Penemuan Candi Banjarsari sudah diketahui Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur, yang berkoordinasi dengan Pemkab Nganjuk. Penggalian secara keseluruhan belum bisa dilaksanakan karena di salah satu sisi terdapat saluran irigasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *