,

Ruang Terbuka Hijau Ngawi Berbasis Sport Edukasi Dan Wisata

oleh

Foto : Ruang Terbuka Hijau yang diharapkan dapat menambah Ikonik di Kota Ngawi (Ari/GSINews.Net).

NGAWI.GSINews.Net – Sport Education Tourism dan entertainment, jadi empat konsep yang diterapkan dalam pengembangan kawasan Ruang Terbuka Hijau atau r-t-h di Kabupaten Ngawi, sebab target pemenuhan 30 persen rth wilayah kota sesuai undang undang nomor 26 tahun 2007 tentang penataan ruang sudah terealisasi, total sekitar 12 ribu hektare kawasan perkotaan merupakan ruang terbuka hijau, hal tersebut membuat wajah Ngawi semakin terlihat asri, ada empat titik rth di Ngawi yang kini dikelola Dinas Lingkungan Hidup, diantaranya rth Taman Candi, Taman Sukowati, Taman Insinyur Sukarno, Taman Dungus, Tawun, Benteng Pendem, Kepatihan dan alun-alun.

Selain dampak ekonomi. Pembangunan Rth dengan empat konsep itu juga mampu meningkatkan gairah kunjungan dan event di Ngawi, kawasan rth yang dibangun juga dilengkapi dengan fasilitas hiburan, taman bermain, edukasi dan olahraga. Pengembangan konsep Rth di Ngawi berdasarkan studi yang dilakukan oleh bidang tata lingkungan dan pertamanan terhadap karakteristik masyarakat Ngawi yang cenderung membutuhkan tempat bersantai nyaman, dilengkapi dengan fasilitas olahraga serta aktivitas berkumpul komunitas. Studi banding ke beberapa Wilayah di Indonesia yang dianggap sukses mengembangkan rth sehingga lebih produktif, beberapa lokasi rth di Ngawi sendiri, kini menjadi jujukan para pelajar untuk berekreasi.

Diharapkan Ruang Terbuka Hijau dapat menambah Ikonik di Kota Ngawi, dimana kawasan Rth Ikonik memang sangat dibutuhkan agar menambah daya tarik warga untuk lebih menghabiskan waktu berliburnya di Ngawi, keberadaan rth ditengah kota juga dapat mengurangi polusi udara yang kian meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *