,

Tradisi Maulidan Desa Coper Tebar Ratuan Ribua Uang Koin Untuk Warga

oleh

Foto : Kegiatan Maulid Nabi ini di Desa Coper, di samping kegiatan tebar uang koin juga di lakukan puji-pujian dan Sholawat Nabi di Masjid KH. Moch Ishaq (Tim Lip/GSINews.Net).

PONOROGO.GSINews.Net – Tradisi unik tebar uang koin dan suguhan ambengan encek bambu yang berjumlah ratusan ambengan dan panggang yang di laksanakan Warga Desa Coper Kecamatan Jetis Kabupeten Ponorogo Jawa Timur ini, menyedot ratusan warga, bahkan tidak sedikit warga desa sekitar yang datang dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang di di gelar di depan Masjid KH Moch Ishaq yang berada di Desa Coper tersebut.

Beginilah kemeriahan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang di gelar di depan Masjid KH. Moch Ishaq, yang berada di Desa Coper tersebut, terlihat baik anak-anak dan orang tua berkumpul di depan masjid untuk mengikuti tradisi tebar uang koin yang di berikan Tamir Masjid, dengan penuh suka cita masyarakat yang hadir di Masjid Kh Moch Ishaq, berebut mengambil uang yang di sebarkan oleh panitia takmir masjid tersebut.

Sementara terkait dengan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid KH. Moch Ishaq ini, Kepala Desa Coper Damanhuri menjelaskan, bahwa Peringatan Maulid Nabi SAW ini di lakukan secara turun temurun dari nenek moyangnya, sehingga saat ini tradisi menyebar uang koin untuk masyarakat ini, tinggal meneruskan apa yang di lakukan orang-orang tua dulu.

Dalam kegiatan Maulid Nabi ini, di samping kegiatan tebar uang koin juga di lakukan puji-pujian dan Sholawat Nabi, dan sebagai uangkapan rasa syukur masyarakat desa juga menyediakan 2 buah gunungan yang berisi hasil bumi baik berupa buah-buahan maupaun hasil pertanian milik warga lainnya.

Damanhuri berharap, dengan kegiatan Maulid Nabi ini, Masyarakat Coper senentiasa di berikan syafaat dan berkah oleh Allah Swt, sehingga Masyarakat Coper bisa hidup damai, rukun dan lebih baik lagi.

Sementara itu Farel dan Azizah yang ikut dalam rebutan uang koin yang di adakan masjid KH. Moch Ishaq tersebut, mengaku senang, dan uang yang di dapatkkanya akan di tabung, dan setelah berkumpul nanti uangya akan di belikan peralatan sekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *