,

Heboh Petani Temukan Arca Agestia Di Sawah

oleh

Foto : Penemuan Arca Agestia sebuah relief arca dan beberapa batu bata peninggalan kerajaan jaman dahulu (Tim Lip/GSINews.Net).

PONOROGO.GSINews.Net – Masyarakat Desa Sawuh Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo Jawa Timur, di gemparkan  dengan penemuan Relief Arca yang ada  area persawahan milik warga setempat.

Inilah Bringgil, Warga Desa Sawuh Kecamatan Siman Ponorogo, Bringgil yang kesehariannya sebagai petani tanpa sengaja saat sedang  mengerjakan sawahnya, alat pembajak sawahnya tiba-tiba  menghamtam benda keras, akibat benturan keras ini alat pembajak sawahnya setelah di lihat, mengalami kerusakan yang cukup parah.

Karena rasa penasaran Bringgil, akhirnya mencari titik dimana alat pembajak sawahnya yang menghantam benda keras tersebut, dan setelah di lakukan penggalian  sekitar 1 meter, Bringgil menemukan relief  potongan  kaki  arca  yang diduga  arca tersebut peninggalan sejarah kerajaan jaman dahulu.

Dengan penemuan sebuah relief arca dan beberapa batu bata kerajaan jaman dulu ini, Bringgil langsung melaporkan ke Pihak Pemerintah Desa untuk mengetahui secara pasti, dan demi keamanan peninggalan benda sejarah ini, di amankan di Balai Desa Sawuh.

Sementara itu terkait penemuan arca tersebut. Kepala Bidang  Kebudayaan  Dinas Pariwisata Ponorogo Yudha, membenarkan atas penemuan arca di area persawahan  milik Warga Sawuh tersebut, namun terkait keberadaan arca ini, Pihak Dinas Pariwisata telah melakukan koordinasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur yang berada di Trowulan Mojokerto.

Yudha juga mengaku, masih belum bisa menyimpulkan keberadaan arca tersebut pada jaman kerajaan siapa, karena pihak tim ahli dari Bpcb Jawa Timur yang mungkin bisa memberikan penjelasan nantinya. Dan pihak Dinas Pariwisata Ponorogo telah berkoordinasi dengan Bpcb Jawa Timur, sehinggga tinggal menunggu tim ahli dari Bpcb Jawa Timur untuk melakukan penelitian lebih lanjut nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *