,

Tanggapi Wacana Un Dihapus,Pemkab Madiun Siapkan Kompetensi Tenaga Pendidik

oleh

Foto : Ujian nasional yang selama ini diterapkan dan dianggap hal yang menakutkan bagi siswa bakal dihapus (Noor/GSINews.Net).

MADIUN.GSINews.Net – Menyikapi adanya wacana penghapusan Ujian Nasional oleh Mendikbud Nadiem Makariem. Pemerintah Kabupaten Madiun bakal mengkaji aturan yang bakal diterapkan oleh kementerian pendidikan tersebut, salah satunya adalah mempersiapkan kompetensi  tenaga pendidik di tahun 2021.

Ujian nasional yang selama ini diterapkan dan dianggap hal yang menakutkan bagi siswa bakal dihapus, hal ini sesuai wacana dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makariem, wacana penghapusan ujian nasional di jenjang Sd, Smp dan Sma tersebut langsung mendapat tanggapan dari sejumlah Kepala Daerah.

Seperti yang disampaikan oleh Wakil Bupati Madiun Hari Wuryanto, bahwa pemerintah Kabupaten Madiun menyambut positif wacana penghapusan ujian nasional di tahun 2021 tersebut, untuk itu pihaknya bakal mengkaji aturan dari kementerian jika memang nantinya wacana tersebut bakal direalisasikan.

Seperti diketahui, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana akan menerapkan kebijakan asesmen kompetensi minimum, dan survei karakter mulai tahun 2021, kebijakan tersebut merupakan pengganti ujian nasional yang terakhir kali dilaksanakan pada tahun 2020 nanti.

Tidak hanya itu, Hari Wuryanto juga akan melakukan peningkatan sdm kompetensi bagi tenaga pendidik, hal ini dimaksudkan agar peserta didik benar benar mendapatkan ilmu dari para guru yang berkompeten.

Menurut Nadiem, Asesmen kompetensi mininum dan surveri karakter terdiri dari kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *