,

Bersih Desa Ngiliran, Tradisi Budaya Yang Terus Dilestarikan

oleh

Foto : Giat Bersih Desa Ngiliran yang di hadiri seluruh Jajaran Forkopimca, Pemeritah Desa setempat, serta lembaga dan  seluruh lapisan masyarakat (Is/Mer/GSINews.Net).

MAGETAN.GSINews.Net – Prosesi Bersih Desa Ngiliran Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan Jawa Timur pada Selasa 31 Desember 2019 lalu, di padati oleh masyarakat sekitar dan pengunjung dari luar desa yang ingin menyaksikan jalanya acara.

Bertempat di Sendang Molang, prosesi yang di adakan secara periodik tersebut merupakan sebuah upacara adat yang terus di lestarikan Pemerintah Desa Ngiliran dan warga sekitar.

Dalam giat yang di hadiri seluruh Jajaran Forkopimca, Pemeritah Desa setempat, serta lembaga dan  seluruh lapisan masyarakat ini, di awali dengan kerja bakti membersihkan areal sekitar mata air, yang di lanjutkan dengan doa bersama dan membagikan makanan .

Tidak sampai di situ, acara tabur beras di sendang juga di lakukan sebagai simbol rasa syukur Masyarakat Ngiliran kepada Sang Pencipta, atas rahmat dan karunia yang di berikan selama ini, 

Menurut Karmo selaku Kepala Desa Ngiliran. Salah satu keunikan yang tidak di dapati pada desa-desa lain se Kabupaten Magetan adalah, bersih desa yang di adakan di sumber mata air Kedung Molang, selalu di adakan bersamaan dengan giat acara bersih Desa Bedagung yang merupakan tetangga desa.

Hal ini karena Desa Ngiliran dan Desa Bedagung adalah pemanfaat sumber mata air yang terletak di perbatasan kedua desa itu. Meski pada dasarnya acara bersih desa di laksanakan dengan protokoler, kegiatan masing masing desa dalam tempat dan waktu yang sama.

Adapun giat bersih Desa Ngiliran sendiri, pada malam harinya masih di lanjutkan dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk.

Salah satu tauladan dari ke dua desa yang patut di contoh ini adalah, mereka bersama-sama dan bahu membahu membersihkan areal mata air setelah dan sebelum kegiata di laksanakan. Hingga seusai upacara adat sekitar mata air nampak begitu bersih dan rapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *