,

DPRD Kab.Ngawi Gelar Hearing Dengan Bagian Hukum Dan Dpmd Bahas Nasib Desa Beran

oleh

Foto : Pihak DPRD Kabupaten Ngawi terus mendesak Pemkab segera mengambil langkah mengenai kejelasan status Desa Beran (Eko B/GSINews.Net).

NGAWI.GSINews.Net – Pihak DPRD Kabupaten Ngawi terus mendesak Pemkab segera mengambil langkah mengenai kejelasan status Desa Beran, hal itu  dilakukan karena tidak ingin nasib status desa tersebut terus terkatung-katung antara Desa atau menjadi Kelurahan.

Pihak Legislatif memanggil perwakilan dari Pemkab yakni Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dpmd) serta bagian hukum, pemanggilan ini terkait tindak lanjut perda alih status Desa Beran Kecamatan Ngawi Kota menjadi kelurahan yang hingga kini masih belum jelas.

Ketua Komisi I Dprd Ngawi. Amin Sunarto menegaskan, jika memang mau dikembalikan statusnya menjadi Desa, Pemkab harus segera mengambil langkah, menurutnya ketidakjelasan status Desa Beran itu sudah berlarut sejak sekitar empat tahun lalu, saat itu Pemkab mengusulkan untuk merubah status Beran yang awalnya sebuah Desa menjadi Kelurahan, hanya saja setelah Pemerintah Pusat mengucurkan Dana Desa (Dd), rencana tersebut langsung terhenti.

Diakuinya, selama prosesnya masih belum selesai memang status Desa Beran sampai saat ini masih Pemerintah Desa, sehingga masih menerima Kucuran Dd, alokasi Dana Desa (Add) maupun bantuan keuangan lainnya, pihaknya meminta dari eksekutif untuk segera konsultasi ke Gubernur.

Sementara dari bagian hukum Pemkab Ngawi menjelaskan, jika perda alih status Desa Beran itu sebenarnya masih belum ditetapkan dan saat ini masih proses di Gubernur, sehingga nanti disetujui atau tidaknya perda alih status tersebut masih menunggu evaluasi dari Gubernur.

Berdasar informasi yang diterima Dprd proses pembentukan perda itu terhenti sampai empat tahun lebih, karena ada satu syarat yang diminta oleh Gubernur tapi belum bisa dipenuhi yaitu mengenai syarat dukungan peta dari badan informatika dan geospasial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *