,

Jelang Hari Raya Imlek, Puluhan Patung Dewa Di Klenteng “Hwie Ing Kiong” Madiun Dibersihkan

oleh

Foto : Tradisi pensucian patung para dewa ini merupakan ritual wajib yang dilakukan setiap menjelang datangnya hari raya imlek (Noor/GSINews.Net).

MADIUN.GSINews.Net – Sepekan menjelang datangnya Hari Raya Imlek, tradisi pembersihan patung dewa dewi, di Klenteng Hwie Ing Kiong Madiun dilakukan.

Sebanyak kurang lebih empat puluh patung dewa dewi disucikan dengan air kembang didalam Tempat Ibadah Tri Dharma ini.

Patung dewa dewi yang  disucikan antara lain, Dewi Laut yang telah berusia seratus tiga puluh tiga tahun, Dewi Kwan Im yang dipercaya sebagai dewa kasih saying, Dewa Mak Cho, Dewa Bumi, Dewa Rezeki, dan beberapa patung dewa lainnya.

Dalam ritual pencucian patung para dewa ini, melibatkan belasan tenaga relawan, beberapa patung dewa dibersihkan para relawan dengan menggunakan air bunga mawar, namun untuk patung yang terbuat dari logam hanya dipoles dengan cairan pengkilap.

Han Hoo Yen, Ketua Pengurus Klenteng Hwie Ing Kiong menjelaskan, bahwa tradisi pensucian patung para dewa ini merupakan ritual wajib yang dilakukan setiap menjelang datangnya hari raya imlek, dan ritual ini sudah turun temurun dari para leluhur ratusan tahun yang lalu.

Han menambahka, dengan ritual pensucian ini diharapkan dalam memasuki tahun baru nanti, jiwa dan raga akan suci dari kesalahan yang membuat perjalanan akan semakin cerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *