,

Desa Bringinan Siap Berikan Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat

oleh

Foto : Keindahan alam Desa Bringinan Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo Jawa Timur (Tim Lip/GSINews.Net).

PONOROGO.GSINews.Net – Beginilah keindahan alam Desa Bringinan Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo Jawa Timur. Pemerintah Desa Beringinan disamping memiliki alam yang bagus. Desa Bringinan  ini juga memiliki wisata religi yang cukup terkenal yaitu Makam Sindu Leksono, dimana Sindu Leksono   ini masih ada keturuanan dari salah satu kerabat Keroton Surokarto Solo, dengan keradaan makam ini tidak sedikit  Warga Ponorogo  dan Luar Kota Ponorogo yang berziarah di Makam Sindu Leksono tersebut.

Disamping memiliki wisata regili, di Desa Bringinan ini juga memiliki  seni budaya  gajah-gajahan yang  merupakan andalan Masyarakat Desa Bringinan, selain seni Reyog Ponorogo. Dan seperti desa-desa lainnya, mayoritas masyarakatnya yang  hidup sebagai petani, Pemerintah Desa terus memberikan  sarana prsarana pengairan  lahan pertanian yang ada di desanya agar cukup memadai yaitu dengan di bangunnya  sumur dis integrasi.

Dan yang luar biasa di Desa Bringinan ini, Pemerintah Desa telah memiliki aula untuk  Pelatihan  Pemberdayaan Masyarakat Desa. Terkait dengan keberadaan gedung tersebut, Kepala Desa Bringinan Barno menjelaskan, bahwa gedung ini sebenarnya merupakan gedung rumah baca bagi anak-anak, namun karena gedung  tersebut cukup representative, gedung ini sekaligus sebagai tempat Pelatihan Bagi Pemberdayaan Masyarkat Desa Bringinan, bahkan desa-desa di luar Bringnanpun tidak sedikit yang memanfaatkan  aula rumah baca tersebut.

Sementara terkait untuk pemberdayaan masyarakat ini. Pemrintah Desa juga siap menyedikan berbagai pelatihan, seperti pelatihan pembuatan organic, pelatihan sablon dan pelatihan lainnya yang semua  pelatihnya juga dari Masyarakat Bringinan sendiri.

Terkait sarana dan pelatihan yang ada di Desa Bringinan tersebut. Kepala Desa Temon Joko Prastyo mengaku cukup puas, di sampaikan oleh Barno Kepala Desa Bringinan, yang sekaligus ahli organik yang ada di Ponorogo. Joko Prastyo mengaku materi pelatihan organik yang di laksanakan perangkat desa dan Petani Desa Temon yang dilaksanakan di Desa Bringinan tersebut sangat luar biasa, karena  perangkat dan kelompok tani dalam pelatihan tersebut, tidak hanya mendapatkan teori saja namum mereka langsung di berikan praktek bagaimana membuat organik yang murah tapi berkualitas, saat berada di Desa Bringinan tersebut.

Joko Prastyo berharap,  warganya nanti setelah mendpatkan pelatihan nanti,  langsung bisa praktek dan mengembangkan  pembuatan organic ini di desanya sehingga bisa meningkatkan hasil pertanian yang ada di Desa Temon nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *