,

Coffee Morning Antara Polres Nganjuk, Bersama Unsur Cjs (Criminal Justice System)

oleh

Foto : Kejaksaan Negeri (Jpu), Pengadilan Negeri (Hakim), Satreskrim dan Satresnarkoba Polres Nganjuk laksanakan coffe morning di Pendopo Andaru Kelurahan Kramat Kecamatan Nganjuk (Roy/GSINews.Net).

NGANJUK.GSINews.Net – Bagaimana agar mendalami satu perkara dengan pemanfaatan elektronik managemen (e-criminal jastis sistem) dari tiga pilar aparat penegak hokum, tiga pilar penegak hukum tersebut yang dimaksud dari Kepolisian, Kejaksaan dan Pengadilan.

Dalam rangka sinergitas bersama unsur criminal justice system (cjs), Rabu (29/01/2020) Kejaksaan Negeri (Jpu), Pengadilan Negeri (Hakim), Satreskrim dan Satresnarkoba Polres Nganjuk laksanakan coffe morning di Pendopo Andaru Kelurahan Kramat Kecamatan Nganjuk.

Dijelaskan cjs sendiri adalah satu gabungan dari sistem pemeriksaan di masing-masing instansi, untuk dikepolisian sebagi penyidik, kejaksaan melakukan penuntutan dan pengadilan negeri yang akan memvonis dalam persidangan.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Kapolres Nganjuk Akbp Handono Subianto, Kajari Nganjuk Firmansyah Subban Sh Mh dan Kepala Pn Nganjuk diwakili Wakil Ketua Pn Irwan Efendi Sh.

Dalam acara tersebut, Kapolres Nganjuk Akbp Handono Subiakto menyampaikan, tujuannya acara digelar yang pertama adalah forum silaturahmi mulai dari Kepolisian, Kejaksaaan dan Pengadilan Negari Kabupaten Nganjuk yang kedua adalah menyamakan presepsi dan sinergitas serta menciptakan situasi Nganjuk yang aman dan kondusif.

Kemudian yang ketiga adalah rencana kedepannya baik nanti dalam rangka membangun kasus atau pun kegiatan – kegiatan lain akan lebih sinergi lagi, dan lebih kompak lagi, yang tujuannya adalah supaya Nganjuk ini lebih maju kedepannya.

Terkait dengan penegakan hukum, menurut Kapolres Nganjuk Akbp Handono, sudah ada kewenangan dari masing – masing instansi, dan dari kepolisian sebagai unsur penyidik, dari kejaksaan melakukan penuntutan dan memvonis atau putusan dari rekan – rekan pengadilan, tentunya kami harus bersinergi supaya dalam membangun kontruksi hukum ini memiliki satu visi dan misi serta pemahaman yang sama.

Sementara itu, untuk pemanfaatan teknologi, sudah diskusi bahwa dikepolisian ada e-penyidikan, kemudian di kejaksaan ada juga jms (jaksa masuk sekolah) kemudian di pengadilan juga ada e-court artinya tinggal mensingkronkan sehingga nanti kedepannya, lebih mengutamakan IT sehingga pekerjaanakan lebih efisien lagi dan tidak terlalu memakan waktu lama, pungkas Kapolres.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *