,

Tim Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi Teliti Amblasnya Jalan Provinsi Ponorogo – Pacitan

oleh

Foto : Tim Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (Pvmbg) mendatangi lokasi untuk melakukan kajian Amblasnya Jalan Provinsi Ponorogo – Pacitan (Tim Lip/GSINews.Net).

PONOROGO.GSINews.Net – Pasca longsornya  jalur Jalan Provinsi Ponorogo – Pacitan amblas, tim Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (Pvmbg) mendatangi lokasi untuk melakukan kajian, dari hasil penelitian longsor terjadi akibat kondisi kemiringan permukaan tanah disekitar lokasi, yang tersusun atas batuan lepas sehingga mudah longsor saat hujan deras.

Semetara itu dari hasil pengamatan tim menyimpulkan, longsornya badan jalan ini terjadi akibat adanya aliran air yang mengalir dari atas tebing menuju dasar jurang, air meresap kedalam konstruksi jalan sehingga mengakibatkan material tergerus dan ikut terbawa air, sementara dilokasi tersebut tersusun atas batuan yang mudah lepas.

Untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan yang lebih parah, Pvmbg menyarankan agar pihak terkait mengatur jalur air dengan maksud agar infiltrasi air ke badan jalan lebih diminimalisir.

Sementara akibat amblasnya jalan dengan diameter hingga enam meter mengakibatkan sejumlah truk bermuatan berat tak bisa melintas, mereka terpaksa memutar balik melewati Wonogiri dengan jarak tempuh hingga tiga jam perjalanan.

Seperti di informasikan sebelumnya jalan longsor  yang terjadi di jalur provinsi ini terjadi pada Kamis Dini Hari akibat hujan deras selama seharian, akibat kejadian ini polisi terpaksa menerapkan sistem buka tutup jalan, termasuk membatasi kendaraan yang melintas, yakni tidak lebih dari empat ton agar kerusakan jalan tidak semakin parah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *