,

Hutan Lindung Terbakar, Petugas Kesulitan Melakukan Pemadaman

oleh

Foto : Hutan produktif milik Perhutani dan hutan rakyat yang berisikan tanaman jati berusia sekitar 12 tahun terbakar hebat (Tim Lip/GSINews.Net).

PONOROGO.GSINews.Net – Hutan lindung berisikan tanaman jati milik Perum Perhutani dan hutan rakyat yang ada di Ponorogo, seluas delapan hektar terbakar hebat, petugas gabungan dari Perhutani Tni dan Perhutani yang ada dilokasi hanya bisa memadamkan api dengan alat seadanya karena sulitnya medan.

Hutan produktif milik Perhutani dan hutan rakyat yang berisikan tanaman jati berusia sekitar 12 tahun, terbakar hebat. Kebakaran ini terjadi di petak 108 g yang ada di Desa Kunti Kecamatan Sampung Ponorogo, tepatnya di Gunung Botak Bkph Sumoroto, Kph Madiun.

Kencangnya hembusan angin dilokasi membuat api dengan cepat membakar tanaman jati berumur 12 tahun tersebut, tak hanya itu di sekitar lokasi banyak daun jati yang kering sehingga membuat api cepat membesar dan merembet kehutan rakyat dan hutan milik Perhutani.

Belum diketahui penyebab pasti kebakaran hutan, namun dugaan petugas mengarah ke oknum tak bertanggung jawab yang sengaja membersihkan lahan dengan cara membakar rumput ilalang hingga akhirnya merembet ke lahan Perhutani.

Sementara petugas gabungan yang berada dilokasi hanya bisa melakukan pemadam api menggunakan alat seadanya di lereng gunung, yakni membuat ilaran agar api tidak terus meluas, pemadaman hanya bisa dilakukan dengan cara manual karena sulitnya menuju titik kebakaran yang berada diatas gunung.

Meski sebagian besar api sudah berhasil dipadamkan, namun petugas gabungan terus berjaga jaga disekitar lokasi. Petugas menghimbau kepada masyarakat untuk tidak lagi melakukan pembakaran hutan karena dapat menyebakan sumber mata air berkurang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *