,

Bersih Desa Ngampel – Gelar Doa Bersama Dan Seni Budaya Jawa

oleh

Foto : Kegiatan Bersih Desa Ngampel Kec Mejayan Kab. Madiun ( Pras/GSINews.Net)

MADIUN. GSINews.Net -Tradisii bersih desa tetap di laksanakan setiap tahunya . Seperti di Desa Ngampel, Kecamatan Mejayan.Kabupaten Madiun, Jawa timur Kegiatan bersih desa dilakukan dengan menggelar doa bersama atau biasa disebut masyarakat sekitar dengan Kenduri , yang Merupakan  wujud syukur kepada sang pecipta , Di samping Acara Doa Bersama  Juga  di Gelar  seni  budaya tayub atau langen beksan yang  Merupakan  Tarian  Khas Jawa  yang mentradisi setiap  kegiatan Bersih .

Upaya pemdes Ngampel untuk mempertahankan dan melestarikan tradisi budaya asli jawa bagi masyarakat ,pasalnya tradisi asli bumi jawa ini sekarang mulai di lupakan banyak orang di karenakan banyak budaya luar yang masuk dan merubah sebagian besar masyarakat indonesia khususnya di pulau jawa ini.

Beginilah suasana antusias warga masyarakat desa ngampel yang turut serta hadir dalam pelaksanan tradisi nyadran atau bersih desa yang di selengarakan setiap tahunya , kali ini suasana bersih desa ngampel sedikit berbeda dari tahun tahun sebelumnya, pasalnya di tengah situasi pandemi covid-19 yang masih melanda sebagian besar wilayah indonesia membuat semua kegiatan di batasi termasuk kegiatan bersih desa ini,

Meskipun susana di tengah pandemi covid-19 ini tidak menyurutkan semangat warga masyarakat desa ngampel , dengan selalu mematuhi protokol covid-19 kegiatan bersih desa ngampel berjalan lancar , aman , dan kondusif .

Afirus Tri Nugroho menjelaskan bentuk upaya dalam melestarikan tradisi budaya turun temurun yang harus kita lestarikan dan pertahankan suapya tidak punah karena banyaknya budaya budaya asing yang masuk dan merubah tradisi dan budaya asli tanah air .

Afirus Tri Nugroho  menambahkan ,  bahwa Kegiatan ini juga merupakan momentum yang tepat untuk mengingatkan masyarakat agar selalu bersyukur atas berkah yang melimpah dari Allah SWT. Semoga tahun depan syukuran ini dapat diadakan Lebih Baik Lagi   serta  wabah virus corona ini,  segera  lenyap dari bumi pertiwi indonesia .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *