,

PDAM Lawu Tirta dan Pemdes Sidomulyo adakan Prosesi doa bersama.

oleh

FOTO : Kegiatan Doa Bersama PDAM Lawu Tirta Dan Pemdes Sidomulyo { Ismer/GSINews.Net)

MAGETAN.GSINews.Net -Bekerja sama dengan PDAM Lawu Tirta Magetan
Prosesi doa bersama yang merupakan bagian dari bersih desa Sidomulyo kecamatan Sidorejo kabupaten Magetan Jawa Timur berlangsung dengan sederhana pada jumat 4 september 2020.

Bertujuan nguri nguri kearifan lokal serta kelestarian sumber mata air yang ada, prosesi yang di hadiri seluruh perangkat serta utusan dari PDAM itu, adalah agenda rutin yang jatuh pada tiap bulan Suro dalam penanggalan Jawa. 

Sebagaimana di katakan kepala desa Sidomulyo Siswo Pranoto, bahwa Prosesi yang bertempat di sumber mata air Gangging tersebut adalah wujud rasa syukur masyarakat desa Sidomulyo atas rahmat yang telah di limpahkan Sang Pencipta selama ini.

Sebagaimana di ketahui bahwa sumber mata air Gangging mempunyai sejarah manfaat yang luar biasa, bukan hanya bagi masyarakat desa Sidomulyo tapi juga masyarakat Magetan yang ada di bawahnya sejak dahulu kala.

Hal ini karena sumber yang berada pada ketinggian 636 di atas permukaan laut tersebut, telah di bangun tandon air guna mencukupi kebutuhan masyarakat Magetan sejak jaman kolonial belanda.

Sejarah yang begitu panjang sejak di bangun pada tahun 1900 dan mulai beroperasi sejak 1905, tandon dari sumber mata air Gangging itu akhirnya menjadi aset dari PDAM Lawu Tirta yang masih bisa berfungsi dengan baik. 

Dan sampai saat inipun tandon dan lingkungan sekitar masih terus di jaga dan di rawat keberadaannya demi memenuhi hajat hidup orang banyak atas kebutuhan air bersih bagi masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *